Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaDenpasarDPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

DPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebuah gagasan baru berupa inovasi di bidang pelayanan publik telah diluncurkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bali guna mempermudah masyarakat dalam menyampaikan surat permohonan secara online untuk melaksanakan audiensi kepada pimpinan DPRD Bali.

Launching diresmikan oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, SE.,MM., Jumat (14 /6 2024), di Ruang Rapat Gabungan DPRD Bali. Sistem layanan ini diberikan nama e-Audiensi dan sudah bisa diakses setelah peresmian berlangsung.

Birokrat asal Bumi Keris, Gede Indra mengatakan, inovasi layanan publik dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang kecewa, setelah datang ke gedung dewan untuk menyampaikan aspirasi ternyata pimpinan maupun anggota dewan tidak ada di tempat karena masih melaksanakan tugas.

Inovasi, lanjut Gede Indra, diprakarsai oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepegawaian, Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Bali, I Kadek Putra Suantara. Dengan e-Audiensi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Sekretariat DPRD Bali, khususnya dalam hal tata kelola pelayanan kepada masyarakat.

BACA :  Ditinggal Teman Makan, Pemancing Asal Desa Pengambengan, Jembrana Terseret Arus

“Banyak masyarakat beranggapan anggota dewan setiap hari ada di kantor, padahal bisa jadi mereka ada kunjungan ke daerah, atau melaksanakan tugas lainnya. Kadang ada yang datang jauh dari Nusa Penida sampai naik boat, mau ketemu pimpinan ternyata tidak ada di kantor, ada juga yang dari Singaraja, Jembrana datang jauh-jauh, tuturnya kepada awak media usai launching e-Audensi.

Gede Indra mempertegas, jadi dengan e-Audensi ini masyarakat dapat mengajukan surat permohonan audiensi kepada pimpinan, sehingga dapat dijadwalkan kapan akan diterima pimpinan.

Dengan layanan ini (e-Audiensi red) ini akan mempermudah masyarakat mengakses layanan Sekretariat DPRD Bali, jadi tidak perlu datang jauh-jauh untuk mengirim surat permohonan audiensi sehingga akan lebih efisien dan efektif.

“Masyarakat tinggal mengakses web DPRD Bali, disebelah kanan atas ada fitur e-Audiensi sehingga dari mana saja bisa mengajukan permohonan audiensi dengan pimpinan dan akan segera kami tindak lanjuti,” tandasnya.

Lebih jauh disampaikan, masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan melalui e-Audiensi tersebut, karena sangat mudah diakses dan kepastian akan diterima pimpinan dewan juga lebih terjamin dan jelas.

BACA :  DPR RI Apresiasi Anugerah Jurnalistik IV dan Pameran Foto XIII KWP 2024

“Masyarakat tinggal menyampaikan tujuan audiensi, berapa orang yang akan datang, sehingga dapat disiapkan juga tim yang memang menangani persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dengan demikian masyarakat akan mendapatkan jawaban yang tepat terhadap persoalan yang dihadapi,” ungkapnya.

Tak hanya audiensi, layanan e-Audiensi juga bisa digunakan kelompok masyarakat yang akan menggelar demonstrasi. e-Audiensi juga bisa untuk menyampaikan akan melaksanakan aksi, sehingga ada perwakilan DPRD Bali yang bisa menerima.

“Selama ini masyarakat yang menggelar demo cuma bersurat ke pihak kepolisian, tidak ada bersurat ke kami (dewan,red) sehingga kemungkinan besar tidak ada yang menerima. Kami biasanya mendapat informasi dari kepolisian bahwa akan ada demo. Dengan adanya e-Audiensi ini, kami harap masyarakat juga menyampaikan informasi kepada kami bila akan melaksanakan aksi demontrasi sehingga ada perwakilan DPRD Bali yang menerima,” tandasnya.

Launching juga dihadiri Kepala Bagian Persidangan dan Fasilitasi Fungsi DPRD Bali, I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama, S.Sos.,M.Si, perwakilan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Bali, Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali, perwakilan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali dan perwakilan Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bali.

BACA :  Sekeha Gong Legendaris Werda Mimba Merdangga Desa Adat Intaran Denpasar Tampil Memukau di Ajang PKB XLVI

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular