Selasa, Mei 14, 2024
BerandaKarangasemDulang Mangap Kecamatan Manggis Dikukuhkan, Tulus untuk Ngayah

Dulang Mangap Kecamatan Manggis Dikukuhkan, Tulus untuk Ngayah

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pengurus Jaga Baya Dulang Mangap Kecamatan Manggis dikukuhkan oleh Ketua Dulang Mangap Kabupaten Karangasem, Minggu (28/4/2024) disaksikan para sulinggih maupun anggota.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, penasehat Dulang Mangap Kabupaten Karangasem yang sekaligus Anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Oka Antara. Dulang mangap di Kecamatan Manggis terdiri dari 17 dadia yang tersebar di Desa Antiga maupun Banjar Pakel.

Ketua Dulang Mangap Kecamatan Manggis Gede Pasek bakal didampingi Sekretaris I Gede Suardana, dan Bendahara I Gede Kartana, serta Penasehat Made Ruspita, dengan masa jabatan tahun 2024-2029.

Ketua Dulang mangap kabupaten Karangasem Wayan Dana mengungkapkan, tujuan dibentuknya jaga baya Dulang Mangap adalah ngayah, dengan tanpa ada imbalan apa-apa. Kehadiran dulang managap tulus untuk ngayah dengan slogan bhakti ring sesana.

Pihaknya berharap kepada pengurus baru agar mampu mempersatukan pasemetonan pasek se-Kecamatan Manggis. Dana menegaskan visi-misi dulang mangap adalah ngayah di pura catur lawa maupun pura sejebag amongan warga pasek.

“Selamat kepada pengurus Jaga Baya Dulang Mangap Kecamatan Manggis, semoga jaga baya dulang mangap mampu mempersatukan semeton pasek,” pungkasnya.

BACA :  Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas, Pemkot Denpasar Gelar Forum Konsultasi Publik

Sementara Penasehat Nyoman Oka Antara siap menjembatani jaga baya dulang mangap. Dulang mangap adalah garda terdepan untuk mempersatukan pasemetonan pasek seluruhnya.

Legislator 5 periode ini berharap
kepada pengurus baru memiliki semangat baru serta mampu melakukan koordinasi yang baik sehingga setiap ada permasalahan agar duduk bersama mencari solusi.

Selain itu politisi PDIP asal Tianyar menambahkan, Jaga Baya Dulang Mangap akan dibentuk secara maraton di seluruh Kabupaten Karangasem.

“Semoga pengurus baru memiliki semangat baru untuk mempersatukan pasemetonan pasek.

Dalam kesempatan sama penasehat dulang mangap Kecamatan Manggis
Made Ruspita berharap dilanjutkan pembentukan dan pengukuhan hingga ke tingkat desa. Tugas utama, lanjutnya untuk ngerumaketkan (mempersatukan) pasemetonan, ngayah terhadap sesama, sert ngayah di luar semeton juga dijalankan.

Pihaknya mengungkapkan bahwa pesemetonan wajib mengetahui kulit, hanya saja jangan ada ego terhadap warna kulit. Mengawal program kabupaten maupun di provinsi. Tugas jero pasek macekin jagat.

Dipenghujung acara, atas fasilitasi Oka Antara dan Made Ruspita memberikan bantuan berupa 80 paket sembako untuk meringankan beban kehidupan. Paket sembako tersebut bakal diserahkan kepada masyarakat kurang mampu, pinandita, maupun anggota dulang mangap.

BACA :  Update: Korban Banjir Lahar Hujan Sumatra Barat Capai 43 Orang

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular