Sekrataris  Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra
Sekrataris  Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra

KLUNGKUNG, balipuspanews.com -Sekrataris  Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung membuka Seminar dan Deklarasi Pemeriksaan IVA test di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Rabu (12/2).

Dalam rangka memperingati hari Kanker Seduni tahun 2020. Yasasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung melaksanakan kegiatan Seminar dan Deklarasi Pemeriksaan IVA test di dengan inovasi “SIGAGAH CERIA SSIPPP” yakni Aksi Keluarga Cegah Cancer, Mari Ayo Segera Periksa IVA Test,  PAP Smear, Vaksinasi, Payudara.

Ketua Yasasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung, Ny. Ayu Suwirta dalam laporannya mengatakan, YKI Cabang Klungkung tahun 2020 ini menyelenggarakan Seminar, Gebyar YANKES deteksi dini kanker melalui pemeriksaan IVA TEST kepada PUS-WUS dan pengembangan deteksi dini kanker dengan metode vaksimasi kepada anak-anak.

Deteksi dini telah kita lakukan bersama-sama setiap hari, seperti misalnya melakukan kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan lain sebagainya namun belum maksimal dan tidak cukup dengan itu saja melihat perkembangan penyakit disaat ini, maka selain dengan pola PHBS sebagai dasar dari pada perilaku hidup kita untuk deteksi dini kanker serviks yang rutinitas dilaksanakan setiap tahun bagi PUS dan WUS.

“Melihat cakupan hasilnya masih rendah, sehingga muncul pemikiran-pemikiran kami untuk lebih mengkhusus memperhatikan anak-anak yaitu pencegahan atau deteksi dini kanker melalui vaksinasi karena anak-anak yang kita harus perhatikan. Sebab anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita-cita bangsa, ” ujar istri Bupati Klungkung ini

Pihaknya juga menambahkan seminar hari ini dapat kita wujudkan dengan tema “Pentingnya Pencegahan Menyeluruh Kanker Serviks” dengan narasumber dari PT. GSK Jakarta. Pihaknya juga berharap dengan seminar ini bahwa IVA test sangat penting untuk pemeriksaan dan pencegahan penangpenyakit kanker.

“Ayo tunggu apalagi ayo preksakan diri sebelum terlambat, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pemeriksaan rutinitas berkelanjutan pemeriksaan IVA di puskesmas, rumah sakit terdekat,” ajaknya

Sementara itu, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dalam arahnya mengatakan, pihaknya menyambut baik apa yang sudah dilakukan YKI Cabang Klungkung untuk memperhatikan generasi penerus Klungkung.

“Manfaatkan momen ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Klungkung terhadap penyakit kanker, pembunuh nomor dua di dunia serta mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker,” Ujar Sekda Winastra. (Roni/BPN/tim)