Terdakwa Achmad Nuryasin saat di Pengadilan
Terdakwa Achmad Nuryasin saat di Pengadilan
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com– Dari puluhan pil Happy Five hingga ratusan Pil ekstasi diamankan dari tangan terdakwa Achmad Nuryasin (38). Oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Denpasar, Rabu (10/7) divonis 11 tahun penjara.

Putusan yang dibacakan oleh ketua majelis hakim Dewa Budi Watsara, S.H.,M.H., juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp800 juta subsider 2 bulan penjara.

Setidaknya hukuman ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Oka Ariani Adikarin, S.H. yang mengajukan hukuman selama 13 tahun penjara. Terkait putusan ini, Jaksa dari Kejari Denpasar ini menyatakan pikir-pikir.

“Terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana Narkotika memiliki dan menyediakan sebagai perantara sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika,” ketok palu hakim di ruang sidang Candra.

Diungkap dalam dakwaan jaksa, Achmad diringkus oleh pihak kepolisian dari Satresnarkoba Polres Badung pada tanggal 19 Desember 2018 sekitar pukul 20.00 Wita di Jalan Veteran. Tepatnya di depan warung No.99, Banjar Tainsiat, Kelurahan Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara.

Saat itu Polisi hanya menemukan barang bukti berupa 1 paket plastik klip berisi 25 butir ekstasi warna hijau, 1 strip/pepel berisi 10 butir warna orange jenis Happy Five, bungkusan lakban warna hitam, dan 1 buah handphone.

Saat berlanjut melakukan pengeledahan di kamar kos yang ditempati Achmad di Jalan Siligita No I A, Banjar Bualu, Keluruhan Benoa, Kuta Selatan, Badung. Hasilnya, petugas kembali menemukan 104 butir ektasi.

“Terdakwa mengaku, ekstasi tersebut didapat dari seseorang yang dipanggil “Bapak” (DPO),” beber Jaksa Oka Ariani.

Selama ini Ahmad mengaku hanya menempel pesanan sesuai arahan dan perintah daei “Bapak” dengan upah sekali tempel Rp50 ribu.

Terdakwa mengakui sudah dua bulan terakhir ini (sebelum ditangkap), menjadi tungkang tempel. Selama ini terdakwa tidak pernah menjual langsung kepada pembeli ataupun mencari pembeli. (jr/bpn/tim).