Jamin Kenyamanan Pengunjung, Pengusaha Hotel dan Restaurant di Kintamani Terapkan Prokes 3 M yang Ketat

Karyawan Caldera terapkan prokes yang ketat saat bekerja untuk menjamin kenyamanan pengunjung
Karyawan Caldera terapkan prokes yang ketat saat bekerja untuk menjamin kenyamanan pengunjung

BANGLI, balipuspanews.com – Masa New Normal membuat pengusaha hotel dan restaurant di Kintamani, Bangli menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang cukup ketat untuk memberikan jaminan kenyamanan kepada pengunjung.

Seperti yang diterapkan oleh manajemen Caldera Restaurant Kintamani. Manajemen Caldera memasang wastafel dipintu masuk restaurant lengkap dengan sabun dan handsanitizer.

Selain itu, wastafel di dalam restaurant Caldera juga dilengkapi dengan prokes Covid-19. Belum cukup sampai disitu. Manajemen Caldera juga menjaga jarak tempat duduk untuk menghindari pengunjung berkerumun. Sebagai pembatas, tempat duduk yang sebagian besar berbahan kayu itu diberi tanda X.

Dari pengamatan balipuspanews.com, Selasa (27/10/2020), jumlah pengunjung ke restaurant yang  menawarkan view Gunung Batur dan danau Batur kebanyakan wisatawan domestik (Wisdom).

“Kebanyakan lokal. Semenjak pandemi Covid-19, kita hanya mengandalkan Wisdom,” kata Wayan Belok, salah satu karyawan Caldera.

Menurutnya, Wisdom yang datang kebanyakan menikmati kopi dan makanan ringan.

“Ada juga yang menikmati makanan. Biasanya yang ramai sore hari,” kata Belok.

Karyawan asal Susut, Bangli itu menegaskan, semua karyawan Caldera menerapkan prokes yang ketat seperti selalu memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan ( 3M).

Sama halnya dengan pekerja pariwisata lainnya, Belok berharap pandemi Covid-19  segera berlalu sehingga ekonomi cepat pulih.

Sekedar diketahui, kawasan Kintamani dikenal dengan kuliner mujairnya. Banyak Wisdom yang menjadikan Kintamani sebagai destinasi liburan karena ingin menikmati mujair selain air panas di tepi Danau Batur.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan