KARANGASEM, balipuspanews.com – Pelabuhan Padangbai, Karangasem sejak dua hari belakangan nampak dipadati turis asing. Kedatangan bule di pelabuhan paling timur di Bali itu untuk menyebrang ke pelabuhan Lembar, Lombok. Wisatawan mancanegara (wisman) itu meninggalkan Bali karena di pulau dewata akan melangsungkan Hari Raya Nyepi, Kamis ( 7/3/2019) mendatang.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, sebagian besar Wisman itu mau liburan di Gili Trawangan. Mereka memilih pergi lebih awal karena diprediksi saat H-2 Nyepi akan lebih membludak lagi.

Dari surat edaran dari PHDI Provinsi Bali, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, akan melakukan penutupan pelabuhan pada Tanggal 7 Maret dinihari mendatang.

“ Berkaitan dengan perayaan Nyepi maka aktivitas penyebrangan akan kami tutup total pada Hari Kamis (7/ 2019) dengan pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Padang Bai pukul 03.00 Wita,” tegas I Nyoman Parwata, Perwira Jaga KSOP Padang Bai.

Aktivitas penyebrangan dan pelayaran akan kembali dibuka pada Jumat Tanggal 8 Maret dengan pemberangkatan kapal pertama dari Pelabuhan Padang Bai pukul 09.00 Wita.

Sementara untuk menghindari adanya penumpang atau kendaraan penyebrang yang terlantar di Pelabuhan Padang Bai akibat tidak terangkut oleh kapal terakhir, pihaknya menghimbau kepada para calon penumpang pemakai jasa penyebrangan di Pelabuhan Padang Bai untuk berangkat lebih awal.

Bahkan pihak PT ASDP dan OPP Pelabuhan Padang Bai, akan menambah jumlah trip. Ini diperuntukkan guna mengantisipasi agar seluruh kendaraan dan penumpang bisa disebrangkan sebelum pelabuhan ditutup.

“Saya bersama keluarga dan teman sudah tiga kali di Bali saat Nyepi. Tapi katanya Nyepi ini tidak ada Internet, kami pilih ke Gili,” aku Nova, wanita asal Australia saat ditemui di Kuta, Minggu (3/3/2019). ( jr/igs/bpn/tim)

 

Facebook Comments