Senin, Mei 13, 2024
BerandaAdvertorialJurusan Perhotelan Undiksha Gelar Lomba 'English Speech Contest' SMK/SMA se-Bali

Jurusan Perhotelan Undiksha Gelar Lomba ‘English Speech Contest’ SMK/SMA se-Bali

Singaraja, balipuspanews.com — Jurusan Perhotelan Program Diploma III Fakultas Ekonomi Undiksha Singaraja menggelat lomba pidato bertajuk ‘English Speech Contest’ (dalam konteks pariwisata) tingkat SMK/SMA se-Bali, Jumat (9/11).

Kegiatan lomba berlangsung di Gedung Putih FE Undiksha, dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Undiksha, Prof. Dr. Naswas Suharsono, M.Pd.

Dekan Naswas dalam sambutannya mengatakan, keterampilan berbahasa Inggris adalah salah satu elemen penting dalam profesionalisme kerja sebagai hotelier, terlebih lagi di era yang sangat kompetitif.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi dan menumbuhkan semangat untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris,” singkatnya.

Lomba untuk pertama kali diselenggarakan inipun mendapat sambutan cukup bagus dari pihak sekolah.

Terbukti, sebanyak 30 siswa dari 16 sekolah ikut serta dalam lomba. Tak hanya Buleleng, peserta juga datang dari Kabupaten Jembrana, Bangli, Tabanan, Gianyar, Klungkung, juga Denpasar.

Pihak panitia pun terpaksa membatasi jumlah peserta lantaran keterbatasan waktu penyelenggaraan.

Dalam penyelenggaraannya, lomba dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, para peserta memilih satu dari tiga topik pidato yakni, The Impact of Natural Disaster on Tourism, The Emergence of Selfie Tourism, dan The Impact of Tourism on The Culture.

BACA :  Delapan Nama Mendaftar di PDI-P Buleleng, Satu Diantaranya Ada Eks Ketua DPC

Selanjutnya, 10 peserta yang lolos pada sesi pertama kembali diadu pada sesi kedua.

Nah, pada sesi kedua peserta kembali diberikan empat topik baru. Dalam sesi kedua tersebut, peserta menyampaikan pidato pendek terkait topik yang dipilih dan diberikan sebuah pertanyaan oleh salah satu juri.

Tim juri masing-masing Nana Trianasari, Ph.D, CHE (Dosen Perhotelan FE Undiksha), Kadek Sintya Dewi, S.Pd.,M.Pd (Dosen Bahasa Inggris Undiksha), dan Calvin Klein (founder Bmellc.) sempat dibuat bingung lantaran para peserta nyaris menunjukkan keterampilan berbahasa Inggris yang sangat baik, sehingga penilaian berlangsung cukup ketat.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, I Gusti Ayu Sita Maharani dari SMA Negeri 1 Denpasar, berhasil menyisihkan pwserta lainya dan dinobatkan sebagai juara I. Menyusul di tempat kedua, Wayan Yudha Andayana dari SMA Negeri 1 Sukawati. Juara III diraih Luh Vony Erliasih dari SMK Negeri 4 Denpasar.

Sedangkan Juara Harapan diraih I Ni Putu Juniari dari SMA Negeri 1 Blahbatuh, Juara Harapan II Ni Made Gita Kusuma Yanti dari SMA Negeri 2 Tabanan, dan Juara Harapan III Ni Putu Wahyuni dari SMA Negeri 2 Tabanan.

BACA :  Jeep Tour Wisata Baru di Desa Panji, Segini Tarifnya

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa trophy, piagam, dan uang pembinaan. Selain itu, keenam pemenang mendapat peluang masuk ke Jurusan Perhotelan tanpa tes.

Tim juri Nana Trianasari Ph.D, CHE, juga selaku Sekretaris Jurusan Perhotelan menyatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan, tahun depan dapat mengakomodasi peserta yang lebih banyak dan penyelenggaraan yang lebih baik.

Menurutnya, panitia penyelenggara digawangi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perhotelan telah bekerja maksimal.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja panitia yang diketuai Ida Ayu Padma Sri Wahyuni, mahasiswi Perhotelan semester 3. Besar harapan kami, kegiatan ini menjadi agenda tetap tahunan Jurusan Perhotelan,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular