Jumat, Juli 19, 2024
BerandaNewsSeni & BudayaKemdikbudristek Gelar Bimbingan Teknis Pelestari Cagar Budaya bidang Pemugaran

Kemdikbudristek Gelar Bimbingan Teknis Pelestari Cagar Budaya bidang Pemugaran

JAKARTA, balipuspanews.com – Dalam meningkatkan jumlah dan mutu SDM Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan pembinaan terhadap pegawai di lingkungan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan. Kegiatan Pembinaan tersebut berupa Bimbingan Teknis dan Sertifikasi bagi Pelestari Cagar Budaya bidang Pemugaran. Peserta kegiatan berasal dari beberapa instansi yang merupakan Unit Pelaksana Teknis pada Balai Pelestarian Kebudayaan dan dari masyarakat Pemangku Kepentingan yang dirasa perlu untuk diupayakan mendapatkan pembinaan utamanya bidang pemugaran Cagar Budaya.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Tenaga Pelestari Cagar Budaya Bidang Pemugaran dilaksanakan di Yogyakarta pada 4-7 September 2023 dan dirangkai dengan Sertifikasi Kompetensi pada 7-8 September 2023 oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 Kebudayaan. Fokus pembinaan diutamakan pada peningkatan kemampuan teknis dalam Pemugaran Cagar Budaya, berupa pengetahuan tentang Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya; Etika, Prinsip, dan Prosedur Pemugaran Cagar Budaya; Pengantar pengenalan bahan/material pada Cagar Budaya (berupa bangunan dan struktur); Dokumentasi Penggambaran, dan Pemetaan Cagar Budaya; serta Kapita Selekta Cagar Budaya.

“Pembinaan dalam bentuk Bimbingan Teknis dan Sertifikasi juga ditujukan untuk menjaga kesinambungan dalam pelaksanaan tugas utama tentang pemugaran Cagar Budaya agar sesuai dengan amanah Peraturan Perundang-Undangan dan kebijakan yang berlaku. Dengan dilakukannya pembinaan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan/keahlian dan kesadaran sikap kerja bagi tenaga pelestari cagar budaya bidang pemugaran itu sendiri,” ucap Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Dr. Restu Gunawan, Sabtu (16/9/2023).

Dr Restu juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti setiap materi kegiatan, hal itu tercermin dari banyaknya pertanyaan peserta kepada narasumber dalam kegiatan sehingga lebih interaktif dan pembahasannya lebih aktual.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan bimtek bidang kebudayaan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pegawai di lingkungan Ditjen Kebudayaan tentang persoalan-persoalan di bidang cagar budaya dan nilai budaya serta memiliki pemahaman yang utuh tentang tugas-tugasnya,” tutup Dr Restu.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular