Senin, Mei 13, 2024
BerandaDenpasarLBH Paiketan Siap Dampingi Laporan Aktivis PHDI Bali di Polda Bali

LBH Paiketan Siap Dampingi Laporan Aktivis PHDI Bali di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com – Satu lagi dukungan hadir dari LBH Paiketan Krama Hindu terhadap laporan aktivis PHDI Bali ke Polda Bali yang bakal siap mendampingi proses hukum atas kasus dugaan penistaan Agama Hindu yang dilakukan Desak Made Darmawati.

Pernyataan sikap tersebut disampaiakan langsung Ketua Lembaga Bantan Hukum (LBH) Paiketan, I Wayan Gede Mardika, saat bertemu Ketua PHDI Bali, I Gusti Ngurah Sudiana, didampingi Sekretaris PHDI Bali Putu Wirata Dwikora, beserta jajaran pengurus PHDI Bali di Gedung PHDI Bali, Rabu (21/4/2021) sore.

Mardika menyarankan agar PHDI Bali membentuk team khusus untuk penanganan penodaan terhadap Agama Hindu pada saat ini dan juga untuk mengantisipasi kejadian yang serupa di masa depan sehingga kita tidak selalu kelabakan setiap kali ada kasus penodaan terhadap Agama Hindu.

Mardika menyatakan, LBH Paiketan Krama Bali tunduk dengan konstitusi. Apabila konstitusi dilanggar, maka LBH Paiketan siap mendampingi setiap pelaporan dari masyarakat yang kepercayaannya dinodai oleh seseorang.

“Kami LBH Paiketan siap mendampingi dan mendukung gerakan dari para aktivis PHDI Bali yang melaporkan Desak Made Darmawati yang patut diduga sebagai pelaku penistaan Agama Hindu,” tegasnya.

BACA :  Pemkab Buleleng Segera Perbaiki Jembatan dan Jalan Rusak di Desa Pegadungan

Sementara Penasihat LBH Paiketan, Made Sari mengajak semua komponen umat Hindu terutama para aktivis PHDI Bali harus komitmen dalam perjuangan menegakkan hukum dan keadilan. LBH Paiketan Krama Bali bisa menjaga komitmen yang digaungkan.

“Kalau kami bilang “ya” itu artinya kami benar-benar siap,” tegasnya menambahkan.

Hal senada disampaikan Sekretaris LBH Paiketan, Dody Artha Kariawan menambahkan, tujuan didirikannya LBH Paiketan untuk memberikan bantuan advokasi bagi masyarakat Hindu (Bali) yang kurang mampu yang sering bingung mencari tempat mengadu ketika berhadapan dengan hukum.

Karenanya, LBH Paiketan Krama Bali siap ngayah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam pencarian keadilan.

“LBH Paiketan Krama Bali adalah Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum non politik dan independen dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Dody.

Para advokat LBH Paiketan semua sepakat untuk mendukung kesiapan LBH Paiketan untuk mendampingi para pelapor penista Agama Hindu seperti patut diduga dilakukan oleh Desak Made Darmawati.

Disisi lain Prof. Windia menilai, teman-teman di PHDI Bali sudah sangat responsif dalam kasus Desak Darmawati ini dan sudah bereaksi dengan cepat. Saran Prof. Windia, tetap jaga profesionalitas karena yang dihadapi adalah orang yang punya kualitas intelektual yang cukup.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Buka Taksu Festival SMAN 2 Denpasar 2024

“Jaga juga integritas intelektual, integritas moralitas dan integritas religiusitas baik ke dalam maupun ke luar,” saran Prof Windia.

Senior di Paiketan, I Nyoman Sender mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan.

Menurutnya, kasus Desak mualaf adalah bahan introspeksi diri kedalam dengan tetap melakukan koordinasi satu dengan lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PHDI Bali, Ngurah Sudiana mengaku senang mendapat dukungan dari LBH Paiketan Krama Bali.

“Sejak dulu saya salut dengan Paiketan Krama Bali, apalagi sekarang mendapatkan support dari LBH Paiketan, saya menjadi lebih bersemangat,” ucap Ngurah Sudiana.

Sementara Sekretaris PHDI Bali, Putu Wirata Dwikora menambahkan perkembangan aksi pelaporan kasus pelecehan Hindu tersebut. Wirata mengucapkan terima kasih atas dukungan dari LBH Paiketan walaupun PHDI telah memiliki tim 7 yang secara personal telah melaporkan Desak Made Darmawati ke Polda Bali, Senin lalu.

“Sampai hari ini, Tim 7 belum memiliki tim hukum. Oleh karena itu, kami persilahkan LBH Paiketan Krama Bali memberikan dukungan advokasi kepada para pelapor. Kami mohon agar siap, jika sewaktu-waktu ada yang secara personal minta bantuan kajian hukum,” ucapnya.

BACA :  Pemkab Bangli Gelar Kontes Anjing Kintamani Dalam Serangkaian HUT Kabupaten Bangli Ke-820

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular