Sekaa Gong Kebyar Wanita adu kebolehan dalam rangka HUT Kota Negara dan HUT RI di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha.
Sekaa Gong Kebyar Wanita adu kebolehan dalam rangka HUT Kota Negara dan HUT RI di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews-com- Setelah berlatih cukup lama dua Sekaa Gong Kebyar wanita yakni Sekaa Gong Wanita Duta Wahana Sandi Suara, Desa Yehkuning, berhadapan dengan Sekaa Gong Gentha Pada Saraswati, Desa Melaya beradu kreasi tabuh di pangung terbuka Pura Jagatnatha Selasa (20/8) malam.

Pada lomba gong kebyar wanita serangkaian HUT. Kota Negara ke 124 dan HUT RI ke -74, itu sekaa Gong Wanita Duta Wahana Sandi Suara Desa Yehkuning mewakili Kecamatan Jembrana dan Sekaa Gong Gentha Saraswati Desa Melaya mewakili Kecamatan Melaya.

Pada lomba yang disaksikan ribuan masyarakat dan Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wabup Kembang Hartawan beserta Forkopimda dan kepala – kepala OPD Pemkab Jembrana, kedua skaa gong menambilkan tabuh dan tari kreasi masing-masing.

Sekaa Gong Wanita Duta Wahana Sandi Suara menampilkan tabuh kreasi ireng ketelun, kemudian dilanjutkan tari rejang cili, tabuh kreasi urmy segara dan di tutup tabuh gegitaan tirta segara.

Sedangkan Sekaa Gong Gentha Saraswati menampilkan tabuh kreasi Sunari, tari Rejang Betel, Tabuh Kreasi Lilaning Dungulan dan kemudian penampilan ditutup dengan Tabuh Gegitaan Jembrana Santhi.

Penampilan kedua Sekaa Gong wanita itu dinilai tiga juri dosen di ISI Denpasar yakni I Wayan Suweca, AA Mayun Artati, I Wayan Suharta.
Menurut Wayan Suweca ada kriteria yang dinilai yakni teknik, kreativitas dan penampilan.

“Teknik yang bagus pasti menghasilkan suara yang bagus, kemudian kreativitas yang dimaksud seperti hiasan gending tabuh, strukturnya dan semua yang membuat gending tabuh menjadi indah. Sedangkan penampilan mulai tata kostum, ekspresi dan juga gayanya” ucapnya.(nm/bpn/tim)