Jumat, Juni 21, 2024
BerandaNewsParade Budaya Semarakkan Perayaan HUT RI ke-78 di Kabupaten Lumbung Beras Tabanan

Parade Budaya Semarakkan Perayaan HUT RI ke-78 di Kabupaten Lumbung Beras Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Memperingati dan merayakan Kemerdekaan Indonesia yang diraih pada 17 Agustus 1945, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, membuka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 di Kabupaten Tabanan melalui Parade Budaya.

Peringatan dibuka secara resmi ditandai dengan pelepasan balon udara yang berlangsung di area Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan, Jumat (28/7/2023) sore.

Adapun penampilan parade budaya tersebut, diantaranya, parade drum band anak-anak dari SD Saraswati dan SMP 3 Tabanan, penampilan Sekaa Barong Sai dan Sekaa Barong Bangkung, parade Sepeda Ontel dari 2 Komunitas Ontel serta Lomba Sepeda Hias siswa-siswi SD sebanyak 10 peserta dan SMP sebanyak 10 peserta.

Ribuan elemen masyarakat Tabanan pun sangat antusias menyaksikan kegiatan yang ditujukan untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Rute Atraksi dan Lomba, yakni start di TMP memuju Jalan Pahlawan, Jalan Gunung Semeru dan finish di Parkir Gedung Mario.

Tidak hanya itu, jajaran Pemkab Tabanan dan ASN masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, tumpah ruah mengikuti kegiatan. Nampak saat itu, Wakil Bupati Tabanan, jajaran Forkopimda atau yang mewakili, Sekda, para Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Kelompok Ahli Bupati, para Camat se-Kabupaten Tabanan serta ratusan ASN di masing-masing OPD.

BACA :  Tampil Spektakuler, Bupati Sanjaya Apresiasi Duta Gong Kebyar Wanita Tabanan di Ajang PKB

“Begitu antusiasnya peserta dan penonton menyambut kegiatan ini, mungkin sudah datamg dari beberapa jam yang lalu dan saya yakin Bapak/Ibu, adik-adik sekalian, menginginkan acara ini segera dimulai. Maka dari itu, dengan mengucapkan terimakasih dan mengucapkan Om Awigenam Astu Nama Sidam, maka pada hari ini pembukaan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78, saya nyatakan dibuka secara resmi,” ucap Sanjaya saat itu disambut tepuk tangan meriah oleh semua hadirin.

Disamping itu, Orang Nomor satu di Tabanan juga menekankan peringatan HUT RI sangatlah penting dilaksanakan. Selain sebagai momentum meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air, juga momentum mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras ataupun budaya, serta kesempatan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang mempertaruhkan nyawa untuk kemerdekaan RI.

Untuk itu, Sanjaya meminta kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Tabanan, agar lebih memahami tanggungjawab sebagai bangsa merdeka dengan membangun dan memajukan Indonesia, Bali dan juga Tabanan, menjadi Negara, daerah yang lebih baik untuk seluruh masyarakat.

BACA :  Kurangnya Fasilitas Jemaah Haji Jadi Sorotan Tim Pengawas Haji DPR RI

Apalagi, perayaan HUT RI adalah perayaan nasional yang berlangsung di seluruh Indonesia yang dirayakan dengan berbagai kegiatan positif dan berbagai pencapaian.

Penulis : Kadek Adnyana

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular