Selasa, Februari 27, 2024
BerandaNasionalPDIP Awali Program Penghijauan Nasional 2023

PDIP Awali Program Penghijauan Nasional 2023

BEKASI, balipuspanews.com – Ribuan kader PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat memenuhi lokasi dimulainya program Penghijauan Nasional yang diinisiasi partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu, di tepi Kalimalang, Tambun Selatan, Bekasi, Minggu (15/1/2023).

Ribuan kader, yang mayoritas ibu-ibu dan perempuan muda, memenuhi sebuah lapangan. Tenda sudah didirikan di bagian depan lapangan. Ribuan orang kader telah berdatangan sejak pagi-pagi benar untuk memulai acara dengan melakukan Senam Cinta Tanah Air (Sicita).

Beberapa orang instruktur berada di atas panggung untuk memandu gerak olah tubuh para kader yang mengikuti kegiatan tersebut. Ribuan peserta mengikuti komando gerakan senam yang diciptakan oleh PDIP untuk menggelorakan kesehatan masyarakat tersebut.

Di tengah acara, sejumlah pimpinan partai hadir. Yakni Ketua DPP PDIP Sukur Nababan dan Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono. Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka juga segera hadir menyapa warga yang merupakan daerah pemilihannya.

Senam Sicita itu mengawali ramgkaian acara penanaman pohon dalam rangka Program Penghijauan Nasional, yang dilakukan PDIP usai menggelar perayaan HUT ke-50 pada 10 Januari 2023.

BACA :  Saksi Ganjar-Mahfud di Klungkung Kompak Tolak Tandatangani Rekapitulasi Pleno Capres-Cawapres

“Sehubungan dengan rangkaian kegiatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dengan tema ‘Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam’, sub tema: ‘Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya’, bersama ini DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan Pembukaan Penghijauan Nasional,” ungkap Ono Surono.

Ketua DPP PDIP yang juga dikenal sebagai Menteri Sosial Tri Rismaharini juga dijadwalkan ikut dalam acara melakukan penanaman pohon.

“Selain Pak Sukur Nababan, Bu Risma juga hadir,” imbuh Ono.

Menurut Ono, sebelum penanaman pohon dilakukan, para kader terlebih dahulu melakukan kegiatan susur sungai menggunakan perahu karet. Usao susur sungai, akan dilakukan penanaman pohon di tepi sungai itu dipimpin oleh Risma dan Sukur.

“Setelah penanaman pohon, peserta diwajibkan mengumpulkan sampah kemudian dibawa ke lokasi TPS yang ditentukan panitia,” kata Ono.

Untuk diketahui, di beberapa tahun terakhir, PDIP memang aktif melakukan program penghijauan dan bersih-bersih sungai. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, gerakan ini adalah implementasi politik hijau partainya yang diinstruksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

BACA :  Marak Upaya Gusur dan Geser Suara, Mahfuz Sidik: Bentuk Kecurangan Pemilu Legislatif

“Kita terus diinstruksikan oleh Ibu Ketua Umum untuk melaksanakan satu penghijauan, menjaga lingkungannya bersih, yang sehat, melanjutkan gerakan menanam, membersihkan sungai, got, saluran-saluran air karena itu juga yang menjadi sumber penyakit,” kata Hasto.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular