Pemkab Buleleng Gelar Sosialisasi KKS.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com — Meningkatkan jejaring kerja antara sektor terkait serta pemahaman tentang upaya mengoptimalisasikan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaui Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Buleleng  di Rumah makan Ranggon Sunset, Singaraja, Selasa (25/6).

Sosialisasi diikuti tim pembina kabupaten/kota sehat Provinsi Bali, tim pembina kabupaten/kota sehat Kabupaten Buleleng, forum kecamatan sehat se-Kabupaten Buleleng, dan SKPD terkait.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini, S.Sos mewakili Bupati Buleleng, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi ini.

Dalam sambutannya, Rousmini menjelaskan bahwa KKS merupakan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah, KKS ini dilakukan melalui bergabai kegiatan pemberdayaan masyarakat secara bertahap dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan dukungan pemerintah daerah dan pendapatan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah dilaksanakan.

Imbuh Rousmini, fasilitasi penyelenggaraan KKS dilakukan oleh forum yang dibentuk bupati atau walikota yang terdiri dari unsur pemerintah, swasta, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan perguruan tinggi, forum ini bertugas mengkordinasikan pelaksanaan di tingkat kabupaten kota, ditingkat kecamatan dibentuk forum komunikasi kecamatan sehat, dan ditingkat desa dibentuk Kelompok Kerja (pokja) Desa/Kelurahan sehat. Ia berharap program Kabupaten/kota sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah. Dan juga diharapkan program ini dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah kepada masyarakat karena program KKS ini dilakukan melalui pendekatan-pendekatan aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada proses output.

“Kami harap semua instansi bersama-sama mensukseskan program ini,” ucap Rousmini.

 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Nyoman Suasa Giri  menjelaskan, jika sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dan pembekalan kepada masing-masing pokja  dan forum di setiap kecamatan agar program ini bisa diaplikasikan di tingkat desa. Ia berharap peran dari masing-masing pokja yang sudah dibentuk  untuk bekerja  mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat  di Kabupaten Buleleng dengan harapan adanya sinergitas antara pokja desa dan forum kecamatan untuk sama-sama mewujudkan program KKS ini.

“Kita sangat memerlukan sinergitas dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten untuk mensukseskan program ini,” singkatnya.