Kamis, Mei 23, 2024
BerandaGianyarPererat Persaudaraan, Puri Ageng Mengwi Haturkan Sesajen Pelebon Puri Ubud

Pererat Persaudaraan, Puri Ageng Mengwi Haturkan Sesajen Pelebon Puri Ubud

GIANYAR, balipuspanews.com – Puri Mengwi, Badung dan Puri Ubud, Gianyar memiliki historis besar antara kedua puri ini yang tidak bisa terlupakan, bahkan dijaga keberlanjutan untuk mempererat hubungan persaudaraan, sejarah maupun sosialnya.

Hal ini dibuktikan Puri Ageng Mengwi pada upacara Pelebon Tjokorda Bagus Santaka yang akan dilaksanakan pada Minggu (14/4/2024), berupa persembahan upakara Bebangkit Jangkep sebagai wujud mempererat hubungan leluhur, sejarah maupun mengikat tali persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dengan baik secara turun temurun.

Panglingsir Puri Ubud, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace, Sabtu (13/4/2024),
menyambut baik kehadiran Panglingsir Puri Ageng Mengwi beserta iring-iringannya membawa sesajen untuk mendiang.

Cok Ace menambahkan bahwa persembahan yang dihaturkan oleh Panglingsir Puri Ageng Mengwi merupakan sejarah yang sejak dahulu terjalin. Keberadaan Puri Ubud ini tidak terlepas dari Puri Ageng Mengwi yang pada zaman dahulu menghibahkan wilayahnya yang saat ini menjadi Puri Ubud.

Cok Ace berharap hubungan baik ini bisa tetap dilanjutkan dan dirawat hingga terjalin terus secara turun temurun. Hubungan antar kedua puri ini sama-sama hadir saat masing-masing puri menggelar upacara besar.

BACA :  Buka Forum Parlemen WWF ke-10, Puan Banggakan Inovasi Sistem Air Subak Bali

“Suka duka Puri Ageng Mengwi juga kami rasakan. Kesedihan Puri Mengwi juga kesedihan Puri Ubud. Kami juga tidak ragu terhadap Puri Mengwi,” aku mantan Wakil Gubernur Bali periode 2018-2023.

Hal senada disampaikan Penglingsir Puri Ageng Mengwi Anak Agung Gde Agung menjelaskan, adat dan tradisi itu dilaksanakan terkait dengan persaudaraan dengan Puri Agung Ubud yang terlah berlangsung secara turun temurun.

“Dresta atau tradisi yang kami laksanakan ini berkenaan dengan rasa kebersamaan. Hal yang sama juga pernah dilakukan Puri Agung Ubud untuk di Puri Ageng Mengwi saat ada pelebon,” kata Anak Agung Gde Agung.

Persiapan dilaksanakan di Puri Ageng Mengwi dengan melibatkan keluarga Puri bersama Pengempon Pura Ganter, Bendesa Mangukerta, masyarakat adat dan dinas.

Rombongan berangkat ke Puri Ubud dengan membawa banten ayaban bebangkit jangkep disertai pengiring dan penabuh gamelan baleganjur.

Gde Agung menyebutkan, antara Puri Ageng Mengwi dan Puri Agung Ubud memiliki ikatan kuat dalam hubungan keluarga. Meski berbeda kerajaan, namun ikatan itu dipersatukan dalam hubungan perkawinan dari sebagian keturunan kedua kerajaan.

BACA :  Maksimalkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Diperpa Badung Gelar Bimtek Ketahanan Pangan Untuk TP PKK Kabupaten Badung

Selain itu, kata Anak Agung Gde Agung, wilayah Puri Ageng Mengwi sebagian mencakup hingga kawasan Ubud.

“Jadi dresta ini saling dukung mendukung dalam hubungan kekerabatan yang sudah terjalin lama,” jelasnya, sembari menambahkan saat hari H besok, pihaknya juga ngaturang tari baris tekok jago.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular