Perkenalkan Masakan Khas Bali, SMK Dwijendra Gianyar Gelar Lomba Buat Tipat Cantok dan Daluman

Masakan tipat cantok buatan siswa siswi SMK Dwijendra Gianyar, Senin (7/10/2019).

GIANYAR, Balipuspanews.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, red) Dwijendra Gianyar mengadakan lomba membuat tipat cantok dan daluman serangkaian jeda bulan bahasa, Senin (7/10/2019) pagi di halaman sekolah SMK Dwijendra Gianyar.

Menurut kepala panitia yang juga waka kesiswaan SMK Dwijendra Gianyar I Dewa Ketut Mantra mengatakan bahwa lomba membuat tipat cantok dan daluman ini merupakan rangkaian jeda tengah semester dan bulan bahasa.

“Tujuan dari acara ini adalah mengisi jeda tengah semester agar anak anak dalam satu semester itu tidak jenuh, sehingga diselingi dengan kegiatan kreatifitas,” ujarnya.

Ditanya tentang alasan milih dilombakannya masakan tipat cantok dan daluman, dikatakan oleh Dewa Ketut Mantra bahwa sekolah SMK khususnya jurusan pariwisata harus memperkenalkan masakan daerahnya ke mancanegara.

“Kami memilih tipat cantok dan daluman adalah agar para murid murid SMK khususnya pariwisata dapat memperkenalkan masakan khas daerah Bali ke mancanegara, agar dapat dikenal oleh tamu,” ungkapnya.

Menariknya, lomba ini tidak hanya diikuti oleh murid SMK Pariwisata di Dwijendra Gianyar saja namun juga diikuti oleh murid-murid SMA Dwijendra yang ikut swrta dalam lomba.

“Kita ikutkan juga SMA, karena disini kita ingin menonjolkan SMA juga bisa,” tutup Mantra.

Dalam lomba membuat tipat cantok dan daluman ini diikuti oleh 10 kelas, terbagi dari kelas 10, 11, dan 12 SMK Dwijendra Gianyar.(catur/bpn/tim).