Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKlungkungPetugas Balawista Akan Disiagakan di 3 Destinasi Wisata di Nusa Penida

Petugas Balawista Akan Disiagakan di 3 Destinasi Wisata di Nusa Penida

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung mengambil sikap dengan banyaknya wisatawan asing maupun domestik yang menjadi korban saat berkunjung di Nusa Penida. Terbaru, Pemkab Klungkung akan menyiagakan petugas balawista di 3 destinasi pantai populer di Nusa Penida.

Hal itu ditegaskan Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, Rabu (18/1/2023). Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi wisatawan bandel yang nekat berenang, saat kondisi cuaca buruk di destinasi pantai tersebut.

Lebih jauh disebutkannya, ada tiga pantai yang menjadi perhatian khusus Dinas Pariwisata Klungkung, yang dianggap sangat berbahaya untuk aktivitas berenang, terutama saat cuaca buruk. Destinasi tersebut yakni Pantai Diamond di Desa Pejukutan, Pantai Angle Billabong, dan Pantai Klingking di Desa Bungamekar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Klungkung, untuk mendata pantai-pantai yang butuh pengamanan lebih, terutama dalam kondisi cuaca buruk saat ini. Dari identifikasi awal, ada 3 objek pantai yang perlu dilakukan pengamaman lebih karena dianggap sangat berbahaya untuk aktivitas berenang, yakni Pantai Diamond, Pantai Klingking, dan Pantai Angel Billabong,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati.

BACA :  OJK Terbitkan Peraturan Perkuat Kelembagaan BPR/BPR Syariah

Sementara pengamanan difokuskan di 3 pantai itu, dengan menyiagakan petugas balawista yang ada di Nusa Penida. Saat ini ada 5 petugas balawista di Nusa Penida, 5 Balawista di Lembongan Ceningan, dan 5 petugas Balawista di Klungkung daratan.

Sementara itu 10 petugas Balawista yang ada di Nusa Penida dan Lembongan, Ceningan yang bisa ditugaskan untuk menjaga 3 pantai yang terkenal memiliki ombak besar tersebut.

Menurutnya, ditempatkannya petugas balawista ini sangat penting, untuk melarang wisatawan nekat berenang di 3 pantai tersebut, terutama ketika cuaca buruk. Walaupun di destinasi itu sebenarnya sudah dipasang papan peringatan bahaya berenang.

“Saat ini Dinas Pariwisata Klungkung sudah ada 5 petugas di Nusa Penida, 5 petugas di Lembongan Ceningan, dan 5 petugas di Klungkung daratan. Untuk kordinasi penugasannya kita koordinasikan dibawah BPBD, sehingga kita arahkan mereka pada pantai pantai yang ombaknya ektrim ada petugasnya yang stand by mengawasi,” pungkasnya.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular