Resmikan Fasilitas Pelindungan Kawasan Pura Agung Besakih, Presiden Jokowi Minta Jaga Kesucian

Presiden Jokowi saat meresmikan fasilitas di areal Pura Agung Besakih
Presiden Jokowi saat meresmikan fasilitas di areal Pura Agung Besakih

KARANGASEM, balipuspanews.com
Presiden RI Joko Widodo meresmikan fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Pura Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3/2022). Peresmian ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan di depan bangunan Candi Manik Mas.

Presiden Joko Widodo mengaku sangat bahagia bisa hadir dan meresmikan secara langsung fasilitas perlindungan kawasan suci pura terbesar di Bali yang sangat disucikan oleh Umat Hindu di Bali dan seluruh umat Hindu Nusantara tersebut.

Dengan diresmikannya Fasilitas Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih ini, Jokowi berpesan agar pura dan infrastruktur yang telah dibuat bisa dijaga dan rawat dengan baik, sehingga dengan adanya fasilitas ini, umat Hindu dan pengunjung bisa lebih nyaman dan merasakan aura kesucian di Pura Agung Besakih.

“Pesan saya, semuanya dijaga kesuciannya, kebersihannya agar terlihat indah. Saya titip fasilitas yang dibangun menggunakan dana pusat dan provinsi. Dengan anggaran yang besar ini harus diikuti juga dengan pengelolaan yang baik dan profesional. Dan disiapkan manajemen dan SDM yang berkompetensi yang baik serta berikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengelola fasilitas ini,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dibangunnya Fasilitas Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih ini atas berbagai pertimbangan salah satunya dengan melihat tingginya kunjungan ke Pura Besakih.

Jika tidak segera dilalukan penataan tentu kedepannya akan menimbulkan kesemrawutan dan ketidaknyamanan baik itu untuk umat hindu maupun pengunjung yang datang ke Pura Besakih.

‚ÄúDengan dibangunnya infrastruktur pendukung di area bencingah dan Manik Mas ini, diharapkan nantinya agar masyarakat nyaman saat melakukan persembahyangan ataupun yang berkunjung ke Pura Besakih,” kata Jokowi.

Penulis: Gede Suartawan
Editor: Oka Suryawan