Jumat, Juni 21, 2024
BerandaDenpasarRibuan Polisi Amankan Malam Tahun Baru, Fokus Jaga GWK dan Pantai Kuta

Ribuan Polisi Amankan Malam Tahun Baru, Fokus Jaga GWK dan Pantai Kuta

DENPASAR, balipuspanews.com – Menyambut malam tahun baru, jajaran Polda Bali akan mengerahkan ribuan personelnya ke sejumlah titik lokasi pengamanan. Fokus pengamanan kali ini berlokasi di Garuda Wisnu Kencana dan Pantai Kuta.

Hal itu terjawab saat Kapolda Bali Kapolda Bali Irjenpol Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menggelar rapat kesiapan pengamanan malam pergantian tahun baru 2023 di Gedung Rupatama Polda Bali, Jumat (29/12/2023).

Rapat bersama jajaran Polda Bali melalui zoom meeting itu dihadiri oleh Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum.,
Turut dihadir seluruh Pejabat Utama Polda Bali beserta Kapolres/Ta jajaran.

Kapolda Irjen Narendra mengatakan pihaknya akan memfokuskan pengamanan di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata khususnya pada saat malam Tahun Baru 2024. Ada dua lokasi yang menjadi titik kumpul masyarakat yakni di Garuda Wisna Kencana (GWK), dan Pantai Kuta.

Dijelaskannya, untuk di GWK akan ada event GWK Countdown Tahun 2024, sedangkan Pantai Kuta ada event yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Badung.

BACA :  Berenang di Pantai Kelingking Beach Nusa Penida, WNA Qatar Meregang Nyawa

“Dalam pengamanan malam tahun baru Polda Bali dan Polres jajaran akan menurunkan ribuan personel yang tergabung dalam Operasi Lilin Agung, Operasi Mantap Brata dan personel yang tersprin penembalan,” terang Irjen Narendra.

Untuk wilayah Polresta Denpasar dan Polres Badung akan di backup Polda Bali. Sedianya, Polresta Denpasar akan menurukan 688 personel ditambah backup dari Polda Bali sebanyak 361 personel.

“Sebanyak 1.049 personel akan melaksanakan pengamanan dan akan di ploting dibeberapa titik seperti Grand Zero, dan Pantai Kuta,” ujar Irjen Narendra.

Sementara, dalam pengamanan event GWK Countdown 2024 yang berlokasi Garuda Wisnu Kencana akan melibat 200 personel. Dengan rincian 133 personel Polda Bali, 10 personel Polresta Denpasar dan 57 personel yang terlibat Operasi Manta Brata Agung.

Pola pengamanan GWK Bali Countdown 2024 di Tamana Budaya Garuda Wisnu Kencana dilaksanakan dengan sistem terbuka dan tertutup, dimana pada lokasi kegiatan dalam pola ring 1, 2 dan 3. Untuk ring 1 area inti kegiatan, ring 2 akses masuk/gate dan area luar lokasi GWK Bali Countdown 2024 dan terakhir ring 3 pengamanan jalur menuju GWK.

BACA :  Mudahkan Akses Pemedek, Pemkab Bangun Jalan Terusan Dibawah Pura Rambut Siwi

Tidak hanya itu, Polda Bali juga akan lakukan penambahan personel dalam pengamanan malam tahun baru 2024. Sebanyak 171 personel yang akan menempati 4 titik pusat keramaian seperti di Catur Muka, Lapangan Bajra Sandhi, Taman Kota Lumintang dan Pantai Kuta.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali KBP. Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., mengatakan bahwa sebelum melaksanakan pengamanan malam Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan apel kesiapan dan pengecekan. Dimana apel akan di bagi menjadi 3 tempat yaitu apel di laksanakan di halaman Mapolda Bali dan Central Parkir Kuta.

Sedangkan yang terlibat pengamanan untuk pengamanan GWK Bali Countdown 2024 akan langsung dipimpin oleh Kapam Dansat Brimob Polda Bali KBP. Firdaus Wulanto, S.I.K.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular