19/09/2020, 7:28 AM
Beranda Bali Jembrana Ucapkan Syukur Dengan Petik Laut

Ucapkan Syukur Dengan Petik Laut

NEGARA, balipuspanews.com – Nelayan di kecamatan Pekutatan tidak hanya bisa mengambil ikan dan isi laut lainya untuk menyambung hidup. Mereka juga tetap mengucapkan terimakasih dan syukur atas hsil yang didapat selama melaut.

Seperti yang dilakukan kelompok nelayan Sumber Sari Karya desa Pekutatan dan Sinar Baru desa Pulukan, kecamatan Pekutatan. Minggu (8/9) kedua kelompok nelayan itu bersama-sama menggelar upacara Petik Laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Pekutatan. Menurut Haji Adriman, ketua penyelenggara Petik Laut, acara petik laut yang dilakukan oleh dua kelompok nelayan ini merupakan tradisi yang dilkasakan setiap tahun. Tujuanya sebagai ungkapan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezki yang sudah diberikan khususnya sebagai nelayan. “Kegiatan petik laut ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas berkah tangkapan ikan,” ujarnya.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan yang hadfir bersama anggota DPRD Jembrana I Nyoman Sudiasa, Kepala Dinas Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan Dan Perikanan I Made Dwi Maharimbawa, Camat Pekutatan I Wayan Yudana, menyampaikan acara Petik Laut yang dilaksanakan kelompok nelayan dalam upaya melestarikan tradisi masyarakat pesisir sebagai wujud syukur atas limpah rahmad serta nikmat yang diberikan nelayan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Petik laut ini kan merupakan tradisi masyarakat pesisir yang perlu di lestarikan, yang terpenting semangat kebersamaan,” ujarnya.

Kembang juga mengatakan untuk mendukung dan membantu nelayan menangkap ikan sudah ada aplikasi Nelayan Pintar. Aplikasi itu diharapkan membantu nelayan dalam aktivitas penangkapan ikan menjadi lebih efektif.

“Nelayan bisa tahu titik penangkapan ikan tanpa harus berputar – putar sehingga menghemat bahan bakar. Dengan cara modern ini maka bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan,” jelasnya. (nm/bpn/tim)

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play