Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan saat pelaksanaan HUT Koperasi.
Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan saat pelaksanaan HUT Koperasi.

NEGARA, balipuspanews.com- Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi sangat berdampak pada pelaku ekonomi. Termasuk juga bagi koperasi yang menjadi soko guru perekonomian.
Agar koprasi bisa berkembang dengan baik, maka pelaku koperasi dalam melaksanakan setiap usaha agar mengadopsi selera dan keinginan pasar.

“ Kedepan kami harapkan, agar koperasi tidak ditinggalkan oleh pasar, kepada generasi muda untuk selalu melakukan inovasi terutama pelaku-pelaku koperasi itu sendiri.” Tegas Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan saat peringatan Hari Koperasi ke-72 di Gedung Mendopo Kesari Negara, Selasa (30/7).

Pada acara yang mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi 4.0” dan dihadiri Forum Pimpinan Daerah Jembrana, Ketua Dekopinda Jembrana I Gede Gunadnya, Pimpinan OPD terkait, Camat dan seluruh penggerak koperasi di Jembrana Wabup Kembang mengatakan melalui tema ini diharapkan kedepan koperasi di Kabupaten Jembrana mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing di era yang serba kompetitif serta nantinya koperasi menjadi kekuatan perekonomian bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jembrana.

“Saya berharap melalui momentum ini koperasi menjadi kekuatan perekonomian di Kabupaten Jembrana serta kedepannya koperasi mampu bersaing di era kompetitif menuju revolusi 4.0 dengan pelaku ekonomi lainnya,” ungkapnya.

Wabup Kembang mengajak kepada pelaku koperasi dalam melaksanakan setiap usaha agar mengadopsi selera dan keinginan pasar.

“Kedepan kami harapkan, agar koperasi tidak ditinggalkan oleh pasar, kepada generasi muda untuk selalu melakukan inovasi terutama pelaku-pelaku koperasi itu sendiri. Saya sangat mengapresiasi kepada koperasi yang berprestasi baik ditingkat kabupaten, tingkat provinsi dan khususnya kepada koperasi (KUD. Catur Guna Amertha, Desa Yeh Embang Kangin) yang meraih prestasi sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia HUT Koperasi ke-72 I Made Berata menyampaikan, untuk menentukan koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Jembrana dibagi kedalam empat kategori jenis usaha.

“Ini dikelompokkan kedalam empat kategori seperti Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen, Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Wanita (Kopwan), ” jelasnya.

Dari hasil evaluasi itu keluarlah koperasi-koperasi yang berprestasi seperti, Koperasi Produsen sebanyak 3 koperasi yakni, Koptan Sri Mertha Dewi Desa Medewi, Kopnel Danu Amertha Desa Perancak, dan Koptan Sri Mertha Asih Desa Nusasari.

Koperasi Konsumen sebanyak 3 koperasi yakni, Kopkar Tirta Amerta Jati Kelurahan B.B. Agung, Kopkar LPD. Catur Purusa Artha Kelurahan Dauhwaru, dan Kopkar Maya manunggal Desa Pengambengan. Koperasi Simpan Pinjam sebanyak 3 koperasi yakni Ksp. Satria Gana Desa Pohsanten, Ksp. Wubuh Artha Desa Gumbrih, dan Ksu. Wira Usaha Desa Gilimanuk.

Koperasi Wanita sebanyak 3 koperasi yakni, Kopwan Bina Sejahtera Desa Pohsaten, Kopwan Panca Bakti Desa Penyaringan, dan Kopwan Bina Mandiri Desa Tegalbadeng Barat. Selain mendapat perhargaan dan tropi panitia juga memberikan hadiah uang tunai.(nm/bpn/tim)