Wisatawan Asing Asal India Meninggal Saat Snorkeling di Perairan Manta Bay, Nusa Penida

Wisatawan asal India saat dievakuasi petugas ke Pelabuhan Banjar Nyuh
Wisatawan asal India saat dievakuasi petugas ke Pelabuhan Banjar Nyuh

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Peristiwa duka kembali terjadi di Nusa Penida. Kali ini pada Minggu (22/1/2023), wisatawan asal India berinisial VKR,27, dinyatakan meninggal dunia saat sedang snorkeling di Perairan Manta Bay, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, kejadian wisman yang meninggal saat melakukan snorkeling itu terjadi sekitar pukul 10.30 WITA. Kejadian ini dilaporkan oleh Made Widiarta dari Desa Sakti, Nusa Penida yang mengantar korban ke lokasi Snorkeling.

“Korban dan istrinya tiba di Nusa Penida, Minggu (22/1/2023). Ia menginap di salah satu hotel di Desa Sakti,” ujar Ida Bagus Putra Sumerta, Minggu (22/1/2023).

Korban lalu meminta Widiarta untuk mengantarnya ke lokasi snorkeling di Manta Poin, Desa Bungamekar. Keduanya menuju Desa Bungamekar dengan mengendarai sepeda motor. Saat tiba di lokasi, korban melakukan registrasi untuk snorkeling, dan Widiarta kembali ke hotel.

Korban pun melakukan aktivitas snorkeling, dengan menyelam di perairan Manta Bay. Sekitar 20 menit menyelam, tiba-tiba seorang kapten boat I Kadek Teges dari jauh melihat tubuh korban sudah mengambang.

Ia lalu menghampiri korban dan melihatnya sudah tidak sadarkan diri. Ia bersama seorang pemandu wisata, Putu Agus Junaedi mengangkat tubuh korban. Wisatawan India itu lalu dibawa ke Pelabuhan Banjar Nyuh, untuk mendapatkan pemeriksaan di Medical Klinik Nusa Penida.

“Korban sempat dibawa ke klinik, dan dari hasil pemeriksaan tim medis korban sudah dinyatakan meninggal dunia,” jelas Kompol Ida Bagus Putra Sumerta memastikan.

Sebelumnya juga hampir terjadi musibah serupa seorang wisatawan asal Rusia ditemukan terluka saat digulung ombak di Pantai Klingking Beach.

Menurut Kapolsek Kompol Ida Bagus Putra Sumerta kejadian yang menimpa perempuan warga negara asing (WNA) asal Rusia itu saat menikmati keindahan Pantai Klingking.

Menurut teman korban berinisial A, sekira pukul 17.30 WITA korban hendak berfoto selfie, namun setelah beberapa saat mengambil foto selfie korban tiba-tiba dihantam ombak dan korban mengalami dislokasi pada bahu kanan

ÔÇťAkibat kejadian tersebut WNA asal Rusia tersebut mengalami sakit pada tangan bagian kanan,” ucap Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, mengingatkan wisatawan lainnya agar hati-hati.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta