Minggu, April 28, 2024
BerandaDenpasarWisuda Unwar ke-71, Pelepasan Terakhir Penghujung Habis Masa Jabatan Rektor Prof. Widjana

Wisuda Unwar ke-71, Pelepasan Terakhir Penghujung Habis Masa Jabatan Rektor Prof. Widjana

DENPASAR, balipuspanews.com – Wisuda ke-71 Periode I Tahun 2023 Universitas Warmadewa (Unwar) merupakan wisuda terakhir yang akan dilepas oleh Rektor Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. Pasalnya, masa jabatan Prof. Widjana yang telah menjabat 2 periode sebagai Rektor Unwar akan berakhir bulan Pebruari 2023 ini, Sabtu (4/2/2023) bertempat di halaman Kampus setempat.

Berbagai terobosan telah dilakukan Rektor sehingga meraih banyak capaian. Prestasi akademik maupun nonakademik menjadi langganan Unwar tiap tahunnya, sehingga keberadaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dibawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali ini kian moncer dan diminati masyarakat.

Pada wisuda kali ini, Rektor melepas sebanyak 208 lulusan. Lulusan terbanyak saat ini dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis 113 orang, disusul Fakultas Hukum 47 orang, FISIP 16 orang, Fakultas Sastra 2 orang, Fakultas Pertanian 15 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 5 orang, dan Pascasarjana 10 orang. Dengan demikian, hingga saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 39.010 orang.

Prof. Widjana, mengatakan, dari hasil tracer studi terakhir yang dilakukan pada tahun 2022 untuk lulusan tahun 2020 ini didapatkan data bahwa lulusan yang mendapat pekerjaan 73,1%, masa tunggu lulusan 5,14 bulan, dan kesesuaian bidang kerja 80,70%.

BACA :  Diduga Rabies, Seekor Anjing Gigit 8 Orang

Diantara yang telah bekerja pada perusahan regional 71,4%, nasional 25,3%, dan internasional 3,3%. Untuk kinerja lulusan pada beberapa instansi 97,59% berkinerja katagori sangat baik dan baik.

“Dengan demikian lulusan tidak butuh waktu lama untuk memperoleh pekerjaan. Lima bulan waktu yang sangat cepat bagi para lulusan,” terangnya.

Tidak kalah menarik, imbuh Rektor, luaran bidang kemahasiswaan mendapatkan prestasi akademik internasional 7, nonakademik 45 prestasi. Begitu juga prestasi akademik nasional 57 prestasi, dan non akademik 91 prestasi.

Untuk meningkatkan prestasi kemahasiswaan ini telah difasilitasi dengan kelembagaan mahasiswa di tingkat rektorat ada 10 unitas, 28 unit organisasi kemahasiswaan dan 7 forum kegiatan.

Prof. Widjana menambahkan, demi meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa, kualitas pendidikan khususnya pelaksanaan pembelajaran terus ditingkatkan, termasuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Semua program studi telah menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Hal ini tidak terlepas dari akreditasi yang selama ini terus mengalami peningkatan berkat kerja keras dan perjuangan stakeholder demi memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi mahasiswa.

BACA :  UNESCO Memberikan Sertifikat Inskripsi Warisan Budaya Dunia kepada Indonesia

Seperti diketahui, saat ini 6 Prodi telah terakreditasi Unggul dan A, 2 prodi terakreditasi Baik Sekali, 12 prodi terakresitasi B, dan 1 prodi baru sedang menyusun instrumen akreditasi.

Penambahan prodi baru juga sedang proses pada tahun 2023 ini sebanyak 3 prodi salah satunya Prodi Profesi Insinyur. Disamping itu, Unwar juga sedang mengusulkan akreditasi internasional untuk Prodi Sastra Inggris dan Linguistik ke lembaga AQAS (Agency for Quality Assurance by Acreditationof Study) yang berkedudukan di Jerman.

Sementara Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih.

Wisnumurti berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita.

“Keberhasilan hari ini hanyalah tujuan antara tujuan sesungguhnya adalah menjadikan ilmu dan skil para wisudawan dapat berguna bagi banyak orang. Jadilah yang terbaik, terdepan, dan jadilah insan yang berguna,” pungkasnya.

BACA :  Seribu UMKM Jembrana Dapatkan Sertifikat Halal

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular