Rabu, Mei 1, 2024
BerandaJembrana30 PMI Jalani Test Swab

30 PMI Jalani Test Swab

NEGARA, balipuspanews.com – 30 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jembrana yang sedang dikarantina Selasa (26/5) menjalani pemeriksaan swab.

Test swab yang dipantau Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawa selaku Wakil Ketua I Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Jembrana merupakan syarat selesainya karantina mereka.

PMI yang menjalani tes swab itu adalh yang di karantina di Hotel Ratu dan di Bali Sunset.

Pelaksanaan test swab dilakukan kepada 30 PMI, 13 di Hotel Ratu dan 17 di Hotel Bali Sunset, oleh 10 orang tim medis Jembrana yang sudah dilatih sebelumnya.

“Saya berharap, keseluruhan PMI yang menjalani test swab yang ke-2 ini, hasilnya bagus semua. Seluruhnya bisa dinyatakan negatif jadi bisa dipulangkan. Selain itu, semoga wabah covid-19 di Jembrana segera berlalu dan tidak ada lagi penambahan di Jembrana,” harap Wabup Kembang Hartawan.

Pada kesempatan yang sama , jubir Gugus Tugas Covid-19, dr I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan seluruh PMI sebelumnya telah diambil swab pertama dengan hasil negatif.

BACA :  Kelompok Air Bersih Merta Jati Dibantu Pipanisasi

“Ini pengambilan kedua untuk menentukan status kesehatan PMI. Sesuai protap kita langsung lakukan test swab tidak lagi melalui test rapid,” ungkapnya.

Selain pengambilan swab bagi PMI peserta karantina, dihari yang sama juga dilakukan test swab bagi masyarakat umum.
Hanya waktu pengambilannya yang dibedakan sehingga tidak bercampur dengan PMI peserta karantina.
Sebanyak 6 orang warga asal Loloan Timur, loloan barat serta Kelurahan lelateng sudah diambil sampel swab.

“Mereka Kategori ODP dari tracking terhadap pasien positif yang meninggal di Lumajang-Jawa Timur. Sebelumnya sudah dilakukan rapid dengan hasil non reaktif, tapi guna memastikan kita pertegas kembali dengan pengambilan sampel swab. Ini juga bentuk antisipasi dan kesiap-siagaan gugus tugas Jembrana dalam mencegah penyebaran covid-19 di Jembrana,” ujarnya.

Terkait perkembangan Covid-19 di Jembrana dalam keterangan pers dihadiri Jubir Gugus Tugas dr I Gusti Agung Putu Arisantha dan Kepala Dinas Perhubungan Kelautan Perikanan Jembrana I Made Dwi Maharimbawa , jumlah pasien positif covid-19 Jembrana sebanyak 15 orang.

11 orang diantaranya sudah sembuh dan 4 masih dirawat di RSU Negara. Tiga orang pasien positif yang masih dirawat itu merupakan warga PMI peserta karantina hotel. Sedangkan satu lagi merupakan kasus transmisi lokal asal kelurahan Baler Bale Agung, Negara yang dirawat sejak 4 april 2020.

BACA :  941 PPPK Pemerintah Kabupaten Jembrana Dilantik 

Selain kasus positif tadi, Ruang isolasi RSU Negara juga masih Merawat 1 orang pelaku perjalanan asal Desa Kaliakah. Pasien ini sudah menyelesaikan pengambilan swab pertama dengan hasil negatif, tinggal satu kali test lagi untuk bisa dipulangkan.

Sementara untuk total PMI yang sudah datang dan menjalani karantina hotel di Jembrana sebanyak 409 orang. Mereka tersebar di 10 hotel yang disiapkan pihak gugus tugas Jembrana.

“Dari jumlah itu yang sudah menyelesaikan karantina sebanyak 232 orang, 173 PMI masih dikarantina dan 4 orang dinyatakan positif,” ungkapnya.

Arisantha juga menambahkan untuk mekanisme pelaksanaan karantina PMI gelombang sekarang, langsung mennggunakan metode test pcr sebagai syarat bisa dinyatakan sehat dan dipulangkan.

“Kita sudah lakukan 111 swab kepada PMI karantina hotel. Dari jumlah itu, 3 orang dinyatakan positif di dua hotel berbeda sebagai lokasi karantina. Jadi imilah pentingnya karantina, guna melokalisir penyebaran dan cepat mengambil tindakan apabila dari mereka ada yang terkonfirmasi positif,” terangnya.

Penulis/editor : anom

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular