Senin, Juni 24, 2024
BerandaBolaBayer Leverkusen Mengincar Sejarah Bundesliga Tim Tak Terkalahkan

Bayer Leverkusen Mengincar Sejarah Bundesliga Tim Tak Terkalahkan

Leverkusen asuhan Xabi Alonso bisa menjadi tim pertama dalam sejarah Bundesliga yang menjalani musim tak terkalahkan dengan menghindari kekalahan melawan Augsburg.

Jerman, Bundesliga -Juara bertahan Bayer Leverkusen mengejar “keabadian” dalam bentuk musim Bundesliga yang tak terkalahkan pada hari Sabtu ketika Union Berlin yang terancam degradasi menghadapi pertempuran hari terakhir untuk bertahan hidup.

Leverkusen asuhan Xabi Alonso bisa menjadi tim pertama dalam sejarah Bundesliga yang menjalani musim tak terkalahkan dengan menghindari kekalahan melawan Augsburg. Bahkan tim terhebat Bayern Munich pun tidak berhasil menjalani musim yang tak terkalahkan.

Bahwa pasukan Alonso mampu melakukannya tanpa kalah di kompetisi apa pun – rekor 50 pertandingan beruntun di Eropa termasuk lolos ke final Piala Jerman dan Liga Europa minggu depan – menunjukkan betapa luar biasanya mereka.

Kemenangan melawan Augsburg akan memberi Leverkusen 90 poin dari 34 pertandingan — penghitungan poin tertinggi kedua dalam sejarah sepak bola Jerman.

Striker Leverkusen Patrik Schick mengatakan pertandingan itu “seperti final”, sementara kapten Lukas Hradecky mengatakan timnya memiliki “keabadian” di depan mata.

BACA :  Ajak Anak Muda Gali Potensi Usaha, Bali Screen Printing Community Gelar Festival Basic Bali Mencetak Vol 2

Terlepas dari hasilnya, Leverkusen akan mengangkat perisai Bundesliga pada hari Sabtu dan Hradecky mengatakan dia akan “berhati-hati” untuk tidak mempertahankannya secara terbalik, seperti yang dilakukan kapten Stuttgart Fernando Meira pada tahun 2007.

Di ibu kota Jerman, Union – yang menghadapi Real Madrid di Liga Champions pada bulan Desember – perlu mengalahkan Freiburg dan berharap hasil lain dapat diperoleh untuk menghindari degradasi.

Union menang di kandang sendiri pada hari terakhir musim lalu untuk finis keempat dan lolos ke sepak bola Liga Champions, melanjutkan kebangkitan tim setelah promosi debut mereka pada tahun 2019.

Hebatnya, Union menduduki puncak klasemen Bundesliga setelah dua pertandingan musim ini, namun kemudian jatuh ke posisi terbawah setelah sembilan kekalahan beruntun.

Di posisi ke-16, Union membutuhkan satu poin untuk menghindari terjatuh melalui pintu jebakan.

Meski begitu, bertahan di peringkat 16 masih berarti menjalani playoff dua leg melawan Fortuna Duesseldorf, yang finis ketiga di divisi dua.

Duesseldorf memiliki stadion berkapasitas 52.000 kursi dan sedang dalam performa luar biasa, belum pernah kalah di liga sejak awal Februari.

BACA :  Denpasar Diharapkan Jadi Barometer Esport di Bali

Bagi Union, kemenangan pun tidak akan menjamin keselamatan. Union hanya akan aman jika salah satu Mainz, yang bermain di Wolfsburg, atau Bochum, yang bertandang ke Werder Bremen, kalah.

Pelatih Freiburg Christian Streich, yang mengakhiri masa jabatannya selama 14 tahun di klub melawan Union pada hari Sabtu, mengatakan timnya “akan bermain untuk menang”.

“Bagi Union, ini tentang bertahan di liga. Mereka pasti akan melakukan segala yang mereka bisa untuk bertahan di liga, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus.”

Finalis Liga Champions Borussia Dortmund menjamu Darmstadt yang berada di posisi terakhir dalam pertandingan terakhir Marco Reus di Westfalenstadion.

Bayern Munich akan menjamin tempat kedua dengan mungkin hanya hasil imbang melawan Hoffenheim sementara Harry Kane membutuhkan enam gol untuk mengalahkan rekor satu musim Robert Lewandowski sebanyak 41 gol.

Yang harus diperhatikan: Christopher Trimmel (Union Berlin)

Kapten Union Berlin Christopher Trimmel memperpanjang kontraknya dengan klub yang terancam degradasi itu selama satu tahun hingga 2025 pada hari Kamis, menjanjikan “ceritanya belum berakhir.”

BACA :  Pemkot Denpasar Genjot Digitalisasi Belanja Daerah Lewat KKPD

Trimmel bergabung dengan Union pada tahun 2014 dan merupakan satu-satunya pemain yang tersisa dari promosi pertama klub, pada tahun 2019.

Bek Austria ini telah merasakan pencapaian tertinggi bersama Union, dengan mengatakan “bersama-sama kita telah mencapai lebih dari yang pernah saya bayangkan. Penggemar Union, saya bertahan.”

Statistik utama 

0 – Tidak ada tim yang melewati musim Bundesliga tanpa terkalahkan. Leverkusen tinggal satu pertandingan lagi.

71 – Musim lalu, Bayern memenangkan gelar dengan 71 poin, mengalahkan Dortmund dengan selisih gol. Jika Stuttgart mengalahkan Gladbach, mereka akan bergabung dengan Leverkusen dan Bayern yang memiliki lebih dari 71 poin.

17 – Darmstadt mengumpulkan 17 poin dengan satu pertandingan tersisa. Hanya tiga tim dalam sejarah Bundesliga yang pernah mencatatkan perolehan poin terburuk.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular