Jumat, Juni 14, 2024
BerandaGianyarBeraksi di 12 TKP, 2 Orang Jambret asal Kintamani Diamankan Polsek Sukawati

Beraksi di 12 TKP, 2 Orang Jambret asal Kintamani Diamankan Polsek Sukawati

GIANYAR, balipuspanews.com – Dua orang jambret yang menyasar tamu asing akhirnya berhasil dibekuk jajaran Polsek Sukawati. Parahnya komplotan ini telah beraksi di enam TKP berbeda di wilayah Gianyar dan merupakan residivis dengan kasus serupa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, pengungkapan kasus pencurian dengan kekerasan atau jambret ini bermula ketika pihaknya menerima laporan dari Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia berinisial EV, yang menjadi korban penjambretan di Jalan Raya Singapadu, Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar, pada Selasa (15/6/2021) lalu.

Saat itu korban yang berboncengan sepeda motor dengan pacarnya IS tiba-tiba dipepet oleh dua orang yang juga berboncengan sepeda motor menggunakan sepeda motor Yamaha N-Max berwarna hitam. Tanpa disangka HP yang dibawa korban langsung dirampas oleh orang tersebut. Karena korban berusaha mempertahankan HP miliknya, maka korban dan pelaku pun terjatuh.

Namun salah satu pelaku langsung melarikan diri ke arah utara dan dengan teganya meninggalkan temannya yang terjatuh. Tak bisa mengelak salah satu pelaku yang terjatuh pun kemudian diamankan ke Polsek Sukawati.

BACA :  Desa Adat dan Desa Dinas di Buleleng Diberikan Penerangan Hukum

Kapolsek Sukawati, AKP I Made Ariawan, P. yang ditemui Rabu (23/6/2021) menjelaskan setelah diamankan ke Mapolsek Sukawati diketahui identitas pelaku bernama I Ketut TP, 19, asal Kecamatan Kintamani, Bangli, dan tinggal di wilayah Monang Maning, Denpasar.

Pelaku kemudian diinterogasi dan mengaku jika aksi penjambretan itu ia lakukan bersama rekannya yang bernama I Wayan MP,19, yang juga satu kampung dengan dirinya.

“Bahkan kedua tersangka ini masih ada hubungan keluarga,” ujarnya saat merilis kasus penjambretan tersebut di Mapolsek Sukawati.

Setelah mengantongi indentitas pelaku yang kabur, pada hari Selasa (15/6/2021) tim Opsnal Polsek Sukawati pun berhasil mendapatkan informasi mengenai keberadaan pelaku di wilayah Denpasar.

Dan saat melintas di Jalan Gunung Agung, Denpasar, tim Opsnal pun langsung mengamankan pelaku. Sayangnya pelaku mencoba melarikan diri dengan memutar balik arah sepeda motor yang dikendarainya.

“Pelaku juga hampir menabrak anggota yang berusaha mengamankan pelaku ini. Salah satu anggota Buser juga digigit tangan sebelah kirinya oleh tersangka saat berusaha melarikan diri,” paparnya.

BACA :  Dewan Klungkung Rekomendasikan Dinas Pariwisata Agar Benahi Pungutan Retribusi Wisatawan di Nusa Penida

Hanya saja upaya pelaku sia-sia, pemuda tersebut akhirnya berhasil diamankan ke Mapolsek Sukawati. Dan setelah diinterogasi, kedua pelaku mengakui bahwa telah melakukan penjambretan di 14 TKP berbeda. 6 diantaranya di wilayah Sukawati, Gianyar, dan 8 kali di wilayah Kuta, Badung.

“Sasarannya tamu asing yang melintas menggunakan sepeda motor. Apalagi kalau saat mereka bingung membaca penunjuk arah di HP, saat lengah, HP korban mereka rampas,” imbuhnya.

Dengan demikian maka jenis HP yang kebanyakan mereka dapat adalah merk Iphone. Dan HP hasil curiannya mereka jual secara online ke wilayah Serang, Banten, hingga Solo, Jawa Tengah.

Hasil dari penjualannya kemudian mereka gunakan untuk bermain judi online serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bersama kedua tersangka, turut diamankan barang bukti berupa Iphone 12 Pro Max, sepeda motor Yamaha N-max, serta bukti pengiriman sejumlah HP melalui jasa ekspedisi.

Parahnya lagi, kedua tersangka merupakan residivis dengan kasus serupa. Tersangka I Ketut TP pernah ditahan pada tahun 2020 karena melakukan jembret di wilayah Kuta, sedangkan tersangka I Wayan MP pernah ditahan di Rutan Gianyar pada tahun 2019 karena menjambret di wilayah Gianyar.

BACA :  Komite I DPD RI Segera Rampungkan Revisi UU Pemda

Kini kedua tersangka kembali harus meringkuk dibalik sel penjara karena melanggar pasal 356 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

“Selama ditahan di ruang tahanan Polsek Sukawati di MP ini rajin Trisandya,” tandasnya.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular