Bupati Mas Sumatri memeluk salah satu anak dalam acara sosiallisasi gemar makan ikan di Karangasem
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengajak ratusan anak di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem agar gemar makan ikan (Gemarikan), Kamis (09/08) 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Wantilan Banjar Wates Kangin, Desa Duda Timur ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Dinas  Perikanan Kabupaten Karangasem bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali itu bertujuan untuk mengajak masyrakat agar gemar mengkonsumsi ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem, I Ketut Artama mengatakan, di Kabupaten Karangasem sendiri produksi ikan bisa dikatakan cukup melimpah. Berdasarkan data, potensi perikanan budidaya seperti budidaya ikan di kolam, di Karangasem saat ini ada seluas 225 hektar. Selain itu ada budidaya tambak 90 hektar dan mina padi mencapai 7300 hektar.

Dengan luas tersebut, total produksi perikanan di Kabupaten Karangasem tahun 2017 sebesar 24,9 ribu ton, dengan nilai lebih dari Rp 323 miliar kendati wilayah Karangasem memiliki panjang pantai nomor dua terpanjang dibali yang mencapai kurang lebih 87 kilometer.

” Saat ini minat konsumsi ika dimasyarakat masih sedikit, untuk perkapita dalam setahun hanya mengkonsumsi ikan sebanyak 32 kilogram,” kata Kepala Dinas Perikan Karangasem, I Ketut Artama dalam kegiatan Gemarikan tersebut.

Menurut Artama, jumlah tersebut masih terbilang jauh dari target Nasional Konsumsi Ikan mencapai 47 kilogram perkapita setiap tahunnya. Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat salah satunya melalui kegiatan gemar makan ikan.

Sementara itu, menurut Bupati Mas Sumatri, Ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan.

“ Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega tiga yang cukup baik bagi kecerdasan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan,” tuturnya.

Dirinya berharap, keberadaan forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati No 291/HK/2017,  bisa menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat di Kabupaten Karangasem.

Kegiatan Gemarikan ikan inj diikuti oleh 201 siswa siswi dari empat Sekolah Dasar, yakni Sekolah Dasar Negeri 1 Duda Timur, Sekolah Dasar Negeri 2 Duda Timur dan Sekolah Dasar Negeri 4 Duda Timur. Salah satu siswa bernama I Ketut Sugiarta kelas 6 Sekolah Dasar Negwri 1 Duda Timur, dirinya memang suka makan ikan. Hanya saja dengan polosnya ia menjawab selama ini dirinya makan ikan seperti ikan Lele, mujair didapatnya dari memancing bersama  temannya.

“Suka sama ikan Lele dan mujair, biasanya dapat dari hasil mancing bersama teman, cukuo dicuci lalu dibakar dan langsung dimakan,” kata Sugiarta.

Diakhir acara, Bupati Mas Sumatri sempat bercengkrama bersama beberapa anak anak dan memberikan bantuan, bahkan satu dari anak anak tersebut menangis ketika ditanya tentang orang tuanya yang sudah tiada dan ibunya sudah menikah lagi. Suasana menjadi terharu, Bupati pun memerintahkan kepada Camat Selat agar memastikan anak tersebut benar –  benar mendapatkan perhatian. ( igs/bas)

 

Tinggalkan Komentar...