Jumat, Mei 3, 2024
BerandaDenpasarBeri Literasi Digitalisasi, PKM Unwar Ajak Koperasi di Badung Go Digital

Beri Literasi Digitalisasi, PKM Unwar Ajak Koperasi di Badung Go Digital

DENPASAR, balipuspanews.com – Pandemi Covid-19 merupakan momentum terhadap transformasi Koperasi dan UMKM ke arah ekonomi digital untuk mencapai efisiensi dan efektivitas layanan koperasi tanpa harus mengubah nilai-nilai dasar dan prinsip koperasi.

Koperasi sebagai salah satu bentuk lembaga keuangan mikro yang dikenal sebagai pilar atau soko guru perekonomian.

Namun, belum banyak terdengar sepak terjang koperasi yang mampu menjadi koperasi berskala nasional, internasional maupun menggunakan layanan keuangan digital.

Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat menjadi tantangan bersama bagi gerakan koperasi di era millenium. Koperasi harus digitalisasi, mengikuti perkembangan teknologi sama halnya dengan lembaga perbankan yang telah mengembangkan layanan internet banking maupun mobile banking, karena dari segi regulasi perkoperasian tidak ada masalah.

Payung hukum Permenkop No. 2 tahun 2017 membolehkan digitalisasi koperasi, oleh karena itu mindset kepengurusan koperasi harus diubah seiring adanya perkembangan teknologi.

Berbagai permasalahan yang dapat diidentifikasi meliputi masih rendahnya tingkat pemahaman konsep transformasi digital dan manajemen perubahan bisnis dari pengelola koperasi khususnya di Kabupaten Badung.

BACA :  Disela Konferwil AMSI III, Klinik Utama Kasih Ibu Dalung Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Para Jurnalis

Hal ini memotivasi tim Pengabdian Masyarakat Unwar untuk hadir kembali menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Upaya Memperkuat Ekonomi Digital Pada Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Badung”.

Tim Pengabdian Masyarakat beranggotakan Dosen FEB Unwar yang diketuai oleh Anak Agung Ayu Erna Trisnadewi, SE., M.Si, dengan Anak Agung Sri Purnami, SE., M.Si sebagai anggota serta didampingi oleh 2 orang mahasiswa, Senin (3/7/2023) menyampaikan, solusi yang dapat ditawarkan adalah memberikan materi atau literasi berkenaan dengan konsep manajemen perubahan bisnis.

Pihaknya berharap melalui PKM ini dapat memberikan informasi dan pemahaman pentingnya transformasi digital bagi dunia usaha, khususnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Kegiatan PKM ini juga mengundang tim IT dari PT Sevanam sebagai salah satu rekanan dari Dinas Koperasi Kabupaten Badung berkenaan dengan pengenalan Aplikasi Koperasi Go Digital sebagai wujud tranformasi digital koperasi.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular