Cegah Kerumunan, Shalat Bersama Idul Adha di Buleleng Ditiadakan

Koordinator Bidang Data dan Informasi Ketut Suwarmawan
Koordinator Bidang Data dan Informasi Ketut Suwarmawan

BULELENG, balipuspanews.com – Jika biasanya perayaan Hari Raya Idul Adha dilakukan atau diperingati dengan melaksanakan shalat bersama, kini untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada Senin (19/7/2021) Shalat bersama ditiadakan.

Hal itu menyusul dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2021 terkait pembatasan aktivitas masyarakat selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional.

Hal itu ditegaskan kembali oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Ketut Suwarmawan yang menyampaikan bahwa terkait perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng telah memberikan panduan terkai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2021 terkait pembatasan aktivitas masyarakat selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 yang diterbitkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional.

“Terkait perayaan hari raya tersebut dengan salah satunya shalat bersama ditiadakan agar tidak memicu kerumunan dan mobilitas masyarakat,” tegasnya.

Akan tetapi Satgas juga memberikan sedikit kebijakan dalam perayaan hari raya tersebut salah satunya kebijakan terkait pelaksanaan pemotongan kurban tetap dilakukan dengan berpedoman prokes yang ketat.

Sementara itu percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng masih terus dilakukan termasuk penguatan imunitas tubuh melalui vaksinasi terus dilaksanakan. Dari pelaksanaan vaksinasi harian dan tambahan vaksinasi di 5 kecamatan yang dimulai dari tanggal 14 s.d 17 Juli 2021 keseluruhannya sudah mencapai 71,83 persen dari target pemerintah pusat sebesar 74,43 persen hingga akhir Juli mendatang.

“Dari keseluruhan kegiatan vaksinasi harian dan tambahan di 5 kecamatan di Kabupaten Buleleng yakni Kecamatan Buleleng, Banjar, Seririt, Busungbiu dan Gerokgak sudah mecapai target. Namun juga di 4 Kecamatan lain di Buleleng juga sudah mencapai angka 60 persen lebih,” paparnya.

Sedangkan terkait perkembangan kasus harian Covid-19 kasus sembuh sebanyak 5 orang, konfirmasi baru sebanyak 110 orang dan kasus meninggal dunia bertambah 1 orang dari Kecamatan Banjar.

Bahkan data kumulatifnya menunjukan kasus konfirmasi di Buleleng mencapai 5.433 orang, sembuh 4.354 orang, meninggal 223 orang, sedang dirawat di Buleleng 849 orang dan dirawat di luar Buleleng 7 orang, jadi total kasus konfirmasi dalam perawatan 856 orang.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan