Cuaca Ekstrem, Nelayan Ujung Pesisir Karangasem Satu Bulan Tidak Melaut

Nelayan Ujung Pesisir Karangasem sedang memperbaiki perahu sambil menunggu cuaca normal setelah hampir sebulan belakangan cuaca ekstrem
Nelayan Ujung Pesisir Karangasem sedang memperbaiki perahu sambil menunggu cuaca normal setelah hampir sebulan belakangan cuaca ekstrem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Cuaca ekstrem yang berlangsung sejak sebulan belakangan, membuat nelayan di Ujung Pesisir Karangasem tidak melaut.

Salah seorang nelayan Ujung Pesisir bernama Sirab menuturkan, ia dan beberapa nelayan lainnya hampir satu bulan tidak melaut karena kondisi cuaca angin kencang dan gelombang tinggi di tengah lautan yang mencapai ketinggian 3 sampai 4 meteran.

“Sudah hampir satu bulan ini, karena cuaca tak bersahabat. Sambil menunggu kondisi cuaca membaik, kita perbaiki perahu dan jaring,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Ia memperkirakan, kondisi gelombang akan kembali normal setelah bulan Purnama yang akan datang. Namun demikian esok hari rencananya ia akan mencoba untuk turun melaut.

Baca Juga :  Buruh Tewas Tersengat Arus Listrik Tegangan Tinggi

“Tadi pagi, beberapa nelayan sempat mencoba melaut, namun nihil hasil tangkapan ikan kemungkinan karena cuaca, selain itu juga karena belum berani melempar jaring mengingat anginnya masih cukup kencang dan gelombang juga tinggi,” imbuhnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan