Bupati Bangli Made Gianyar letakan batu pertama pembangunan pasar Abang Batudingding, Kintamani
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Bangli, balipuspanews.com- Impian warga desa Abang Batudingding, Kintamani, Bangli untuk memiliki pasar desa yang nyaman dan modern segera terwujud. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama dipasar seluas 38 are oleh Bupati Bangli Made Gianyar, Selasa ( 22/5) 2018.

Peletakan batu pertama dihadiri Kabag Protokol Pemkab Bangli Cok Bagus Gde Dirga, Perbekel Abang Batudingding Made Diksa dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Bupati Made Gianyar pada kesempatan itu mengatakan, selain fokus membangun pasar daerah, pihaknya berkomitmen memajukan pasar – pasar desa di Bangli. Menurutnya, salah satu pasar desa yang potensinya sangat luar biasa adalah pasar desa Abang Batudinding.

Bupati yang sudah dua periode menjabat itu menegaskan, pasar desa Abang Batudinding merupakan salah satu pasar desa yang sudah maju di Bangli.

“ Dari segi luas, belum ada pasar desa di Bangli yang memiliki luas sampai 38 are selain pasar disini (Pasar desa Abang Batudinding). Sekarang kita baru bisa bangun dua los pasar. Tahun 2019 kita akan bangun lagi. Target tahun 2020 semua bangunan pasar sudah tuntas,” ujar Bupati Gianyar.

Bupati asal Desa Bunutin, Kintamani itu juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengawasi bersama pembangunan pasar agar kualitasnya berjalan dengan baik. Setelah selesai dibangun, masyarakat juga diminta bisa menjaga keadaan pasar tersebut agar tidak krodit, sehingga pembeli maupun penjual merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi.

“ Kita ingin menjadikan pasar ini (Pasar desa Abang Batudinding) pasar tradisional yang modern. Sehingga keamanan dan kenyamanan merupakan prioritas. Mudah-mudahan pasar ini bisa bermanfaat dan menjadi pusat perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sementara itu perbekel Desa Abang Batudinding Made Diksa mengatakan, sesuai dengan rencana pengembangan yang sudah disepakati, pasar Desa Abang Batudinding akan dibangun menjadi pasar tradisional yang dikombinasikan dengan pasar modern. Dimana pada wajah pasar akan di bangun minimarket yang sepenuhnya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sedangkan dibelakang minimarket akan di bangun pasar tradisional yang modern.

“ Dalam rencana pengembangan, Pasar desa Abang Batudinding akan kita bangun menjadi pasar tradisional yang modern. Artinya pasar tradisional yang jauh dari kesan sembraut, becek dan kotor,” jelasnya.

Lebih jauh demikian Made Diksa, saat ini tercatat jumlah pedagang yang ada di pasar Desa Abang Batudinding mencapai 186 lapak. Sedangkan dengan pembangunan dua los pasar yang baru, diperkirakan bisa menampung 36 lapak lagi. Sehingga target tahun ini, pasar desa Abang Batudinding bisa menampung 222 lapak pedagang.

“ Kita berharap dengan penataan ini, kedepan Pasar desa Abang Batudinding  semakin ramai dan semakin maju,” harapnya.

Selain melaksanakan peletekan batu pertama pembangunan pasar desa Abang Batudinding, pada kesempatan itu, Bupati Made Gianyar juga menyerahkan bantuan satu barung gong, yang diterima secara simbolis oleh kelihan sekaa gong Giri Suara Mukti Desa Abang Batudinding I Komang Astana. ( rls/sur)

Tinggalkan Komentar...