Didatangi Petugas Pantarlih, Bupati Gede Dana Berharap Warga yang Punya Hak Pilih Terdata

Bupati Gede Dana saat disambangi petugas Pantarlih untuk proses coklit
Bupati Gede Dana saat disambangi petugas Pantarlih untuk proses coklit

KARANGASEM, balipuspanews.com – Bupati Karangasem I Gede Dana didatangi petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 dikediamannya lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Karangasem, Senin (13/2/2023).

Petugas ingin memastikan data orang nomor satu di Bumi Lahar yang tertera sesuai data sebenarnya. Proses ini oleh petugas disebut tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

Saat menjalankan tugasnya, Pantarlih didampingi Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Marhajana. Hadir juga Ketua Bawaslu Kabupaten Karangasem.

Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana mengatakan, pencoklitan dilakukan untuk memastikan kecocokan data masyarakat yang terdaftar pemilih antara DP4 dengan DPT sesuai dengan Nomor NIK dan Nomor KK serta memastikan beberapa indikator lainnya seperti memastikan agar tidak ada yang tercecer dalam dalam 1 keluarga berbeda TPS.

Baca Juga :  Petugas Digeledah, WBP Dites Urine dan Divaksin

Sementara itu, usai di Coklit, Bupati Gede Dana berharap agar seluruh masyarakat Karangasem yang telah memiliki hak pilih seluruhnya bisa terdata dengan baik, sehingga tidak ada hak pilih masyarakat yang terabaikan.

“Saya juga himbau, saat petugas datang ke rumah, agar masyarakat bisa kooperatif dalam memberikan informasi yang benar, apabila tidak didatangi bisa menyampaikan kepada petugas yang ada disetiap desa untuk memastikan warga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada saat Pemilu,” kata Bupati Gede Dana.

Penulis: Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan