Jumat, Juli 26, 2024
BerandaKarangasemDiduga Depresi, Seribu Lebih Warga Karangasem Alami ODGJ

Diduga Depresi, Seribu Lebih Warga Karangasem Alami ODGJ

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sampai pertengahan tahun 2023, seribu lebih warga Karangasem terdata mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ), dimana mayoritas penderitanya didominasi oleh kalangan remaja hingga dewasa dengan rentang usia mulai dari 15 tahun hingga 59 tahun.

Kondisi ini diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (21/9/2023). Ia mengatakan berdasarkan data Dinkes, saat terdapat 1.107 ODGJ yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Karangasem.

Banyaknya penderita gangguan jiwa ini, kata Putra Pertama dipicu oleh depresi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti tekanan ekonomi, masalah keluarga dan persoalan lainnya. Dari sekian jumlah ODGJ tersebut, jumlah penderita paling banyak berasal dari wilayah Kecamatan Karangasem sebanyak 244 penderita.

“Untuk penderita ODGJ ini, ada yang masih di rawat di Rumah Sakit Jiwa Bangli serta ada juga yang menjalani rawat jalan. Dari Dinas Kesehatan sendiri telah berupaya untuk melakukan penanganan untuk menekan angka penderita ODGJ di Karangasem,” kata Putra Pertama.

BACA :  Kepergok Mau Mencuri, Pelaku Nekad Bunuh Pemilik Rumah

Menurut Pertama, jumlah ODGJ di Karangasem sudah menurun jika dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 1.500-an ODGJ di Karangasem. Penurunan ini terjadi kemungkinan karena sudah ada yang sembuh serta ada juga yang telah meninggal dunia.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular