Diharapkan Bermanfaat untuk Masyarakat, Bibit Buah-buahan Ditanam di Desa Selat

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di Hutan Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng
Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di Hutan Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 200 bibit buah-buahan di tanam dalam serangkaian Hari Ulang Tahun Ke 48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Buleleng.

Pelaksanaan penanaman pohon tahap Kedua di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kawasan Hutan dilakukan di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Minggu (21/2/2021). Lokasi ini dipilih sesuai dengan instruksi langsung dari Ketua DPP PDIP untuk melaksanakan Politik Hijau.

“Walaupun yang ditanam hanya 200 tetapi untuk kedepannya akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng Putu Agus Suradnyana, Minggu (21/2/2021) pagi.

Lebih lanjut, dengan menanam pohon perkebunan produktif, yakni tanaman pohon menghasilkan buah diharapkan nantinya bisa memberikan tambahan pendapatan bagi warga sekitar hutan.

“Dengan demikian, selain untuk penghijauan di lahan hutan nantinya buah dari pohon penghijauan tersebut bisa dimanfaatkan warga sebagai tambahan sumber pendapatan,” ungkapnya.

Selain sebagai penghijauan juga mempunyai fungsi penahan air dan tanah. Ini dikarenakan pohon buah tersebut memiliki akar yang kuat sehingga mampu menahan air dan tanah labil yang mudah longsor. Bahkan pohon yang ditanam di kawasan hutan Desa Selat ini akan sangat menguntungkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar hutan.

“Kita ketahui bersama pohon yang sifatnya keras memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekitar, disamping itu juga pohon ini nantinya bisa menyerap air yang cukup banyak,” imbuhnya

Tak hanya itu penanaman ini bukan hanya seremonial saja. Selanjutnya akan dilakukan perawatan pohon tersebut demi keberlangsungan kehidupan masyarakat, Pohon yang ditanam bukan hanya pohon keras tetapi juga pohon produktif seperti pohon mangga, durian, nangka, dan jambu biji yang nantinya pohon-pohon tersebut memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Tujuan utama kami adalah melestarikan lingkungan, yang nantinya sungai dan hutan Desa Selat ini menjadi warisan generasi selanjutnya,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan