Kera Liar Tertangkap
Kera Liar Tertangkap
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipupsanews.com- Keresahan warga Kota Negara maupun Pegawai pemkab Jembrana oleh ulah kera liar berakhir. Kera liar berjenis kelami jantan itu, Kamis (17/10) berhasil ditangkap.
Penangkapan kera liar yang selama ini meresahkan karena mencuri makanan dan buah-buahan milik warga itu dilakukan tim dari Bidang Kesehatan, Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana dibantu oleh warga.

Begitu mendapat informasi kalau kera jantan itu berkeliaran di wilayah Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Jembrana tim langsung bergerak menuju ke lokasi. Saat tim tiba kera liar itu sedang berkeliaran di rumah Ni Ketut Nariati yang kebetulan memelihara kera betina.

Kemudian tim bersama warga memancing kera jatan tersebut dnegan kera betina peliharaan Narti. Pancingan itu membuahkan hasil, setelah kera betina yang jinak itu dikeluarkan dari kandang, kera jatan liar yang sedang diatas pohon mangga mau turun dan mendekati kera betina.

“Kera jantan ini datang, terus naik pohon lalu mendekati monyet betina, monyet betina mau keluar lalu bersama kera jantan itu masuk kandang kemudian pintunya ditutup,” ujar Nariati.

Setelah berhasil dijebak, untuk memudahkan evakuasi kera jantan liar itu kemudian dibius dengan mengunakan supmpit. Lalu setelah pingsan kera jantan tersebut diserahkan ke KSDA Jembrana untuk dikarantina.

“Setelah kita evakuasi, kita serahkan ke KSDA. Kemudian setelah di karantina dan kondisinya bagus akan dilepasliarkan ke habitatnya,” ungkap Kabid Keswan Dinas Pertanian dan pangan pemkab Jembrana IGN Rai Mulyawan. (nm/bpn/tim)