Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBulelengDTW di Buleleng Diminta Berbenah Untuk Sambut Libur Nataru

DTW di Buleleng Diminta Berbenah Untuk Sambut Libur Nataru

BULELENG, balipuspanews.com – Usai sempat viral video pengunjung yang diminta membayar tarif masuk daerah tujuan wisata (DTW) diluar standar. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng meminta kepada seluruh DTW segera berbenah menjelang liburan natal dan akhir tahun 2023.

Permintaan tersebut disampaikan lantaran berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB); Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023, dan Nomor 2 Tahun 2023, libur Natal 2023 mulai dari tanggal 23-26 Desember 2023.

Sedangkan berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Bali Nomor B.31.420/4910/UPTD BPTP/Dikpora, untuk libur pelajar Bali dijadwalkan pada tanggal 18-30 Desember 2023. Sehingga diperkirakan akan ada banyak kunjungan dari wisatawan baik lokal atau mancanegara ke Buleleng.

“Buleleng kan memiliki sejumlah DTW favorit yang dipilih wisata, jadi kami akan membuat surat yang ditujukan ke DTW di Buleleng, dengan tujuan mereka mempersiapkan diri menyambut libur nataru 2023,” ungkap Kepala Dispar Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara.

BACA :  Pemkab Badung Komit Ringankan Beban Masyarakat Dalam Pelestarian Seni, Adat dan Budaya

Dody menyebutkan DTW yang biasa jadi favorit seperti Pantai Lovina, Permandian Air Panas Banjar, Kolam Renang Air Sanih, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), serta Kawasan Pancasari-Wanagiri-Munduk.

Sehingga wisatawan yang rencananya akan datang ke Buleleng tidak hanya yang datang berlibur secara mandiri, tetapi juga ada yang datang dalam rombongan kapal pesiar yang diperkirakan datang pada awal dan akhir Desember 2023.

“Akan kita atensi DTW untuk menyongsong wisatawan, mulai dari kebersihan, fasilitas, perbaikan sarana prasarana, termasuk personel yang bertugas di high season,” tegas dia.

Disamping itu, pihaknya berencana akan akan memasang rambu dan himbauan bagi wisatawan. Sedangkan untuk pembelian tiket masuk ke DTW, Dody memastikan semua sudah terpusat di pos tiket induk yang ada di masing-masing DTW.

“Kami akan perbanyak rambu dan himbauan berlibur untuk wisatawan, mulai himbauan yang boleh dilakukan dan yang harus dipersiapkan wisatawan,” imbuh dia.

Dirinya juga memprediksi kunjungan Wisatawan ke Buleleng untuk libur Nataru akan meningkat. Lantaran sekarang sudah tidak ada lagi pembatasan akibat Covid-19 seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana yang akan mendominasi diperkirakan dari wisatawan domestik, dibandingkan wisatawan mancanegara. Semua itu didasari dari data Dispar Buleleng tahun sebelumnya ada 52.591 wisatawan domestik dan 21.776 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Buleleng.

BACA :  Saksi Ganjar-Mahfud di Klungkung Kompak Tolak Tandatangani Rekapitulasi Pleno Capres-Cawapres

“Kalau dari wisatawan domestik kebanyakan keluarga, rata-rata dari Pulau Jawa dan wilayah Bali selatan. Mancanegara juga banyak namun tak signifikan, karena akhir Desember dan awal Januari baru masuk musim vacation,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular