Jumat, Mei 10, 2024
BerandaKlungkungFestival Semarapura ke-6 Akan Libatkan 1500 Seniman dan 110 Perajin

Festival Semarapura ke-6 Akan Libatkan 1500 Seniman dan 110 Perajin

SEMARAPURA, balipuspanews.com
Sebanyak 1.500 seniman, 110 perajin dan 105 pelaku UMKM akan dilibatkan dalam gelaran Festival Semarapura ke-6. Pelaksanaan festival ini akan digelar sejak tanggal 28 April hingga 1 Mei 2024.

Kepastian tersebut dikatakan langsung oleh Pj Bupati Klungkung, I Nuoman Jendrika didampingi Kadis Pariwisata Ni Made Sulistiawati dan Kadis Kebudayaan Ketut Suadnyana saat press conference dengan wartawan, Jumat (26/4/2024) malam.

Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika mengatakan event tahunan yang tercatat dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tersebut, akan menyajikan sisi lain Klungkung dari budaya dan ekonomi kreatifnya. Nantinya pembukaan festival akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Solahuddin Uno.

Mengawali kegiatan, Fragmen Tari Lawang Balingkang akan disuguhkan kepada para pengunjung pada Minggu (28/4/2024). Pementasan yang digarap oleh Sanggar Tari Kayonan ini memadukan Barong, Barong Landung dan Barong Sai yang merupakan kolaborasi antara kesenian Bali dengan Tionghoa.

“Festival Semarapura ke-6 ini merupakan promosi pariwisata untuk kenalkan potensi wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Klungkung. Biasanya wisatawan ke Nusa Penida untuk melihat keindahan alam, sekarang kami fokus menonjolkan ekonomi kreatif dan budaya,” ujar Jendrika kepada awak media.

BACA :  Gandeng Paskibraka, Kesbangpol Badung Studi Tiru ke IPDN Jatinangor

Sementara itu menambahkan Kepala Dinas Pariwisata, Made Sulistiawati, mengatakan bahwa Festival Semarapura ke-6 juga akan menonjolkan obyek Kerta Gosa yang menjadi bukti sejarah pusat kebudayaan di Bali. Yakni dengan pagelaran kuliner jamuan Raja Klungkung, ada pula demonstrasi kala Raja Klungkung menjamu tamu-tamunya di masa lampau.

“Nanti para tamu dan juga penglingsir Puri Klungkung, Ida Dalem Smara Putra yang juga mengatakan akan ada  kunjungan raja-raja nusantara dijamu dengan royal dinner di Pamedal Agung,” ungkapnya.

Disamping itu menurut Sulistiawati, seraya mengatakan menu spesial masa Kerajaan Klungkung yang akan disajikan adalah bebek betutu dengan kelengkapan 11 lauk pauk khas Klungkung.

Untuk atraksi pembuatan keris yang menjadi agenda festival juga disebutkan tak kalah menarik. Mengingat para pengunjung tak hanya dapat menyaksikan cara pembuatan keris tetapi juga bisa mencoba membuat sendiri. Kegiatan ini akan ‘diduetkan ‘dengan pameran keris di Museum Semarajaya.

“Nanti juga ada pertunjukkan pembuatan keris. Keris ini kan senjata saat perjuangan Puputan Klungkung,”pungkasnya.

Dilain pihak Kadis Kebudayaan Klungkung, Drs Ketut Suadnyana menambahkan bahwa event Semarapura Festival yang ke 6 ini akan menampilkan tari penyambutan masal yang akan dibawakan oleh ratusan guru-guru di Klungkung.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Buka Taksu Festival SMAN 2 Denpasar 2024

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular