Minggu, Mei 12, 2024
BerandaBadungLestarikan Wayang Kulit, Ketua DPRD Badung Dukung Keberadaan Seni Pewayangan di Setiap...

Lestarikan Wayang Kulit, Ketua DPRD Badung Dukung Keberadaan Seni Pewayangan di Setiap Sekolah

BADUNG, balipuspanews.com
Pemkab Badung mendukung pelestarian budaya yang ada di Bumi Keris. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan support kepada Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Bali dalam melestarikan pewayangan.

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata memberikan dukungan sepenuhnya kepada PEPADI untuk menghidupkan kembali seni pewayangan dan juga seni dalang di setiap sekolah.

“Anak-anak kita ini belum tentu mengerti tentang wayang, apa itu wayang. Nah jadi cerita-cerita yang dulu ini belum pernah mereka dengar karena dibingkai dengan teknologi digital, mereka hanya bisa melihat hp tetapi tidak bisa menjiwai rohnya apa sebetulnya seni daripada pewayangan itu,”ujarnya seusai menerima audiensi pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Bali yang berlangsung di ruang kerjanya, gedung DPRD Badung, Jumat (26/4/2024).

Lebih lanjut, Politisi PDIP asal Desa Dalung ini mendorong PEPADI Bali bersama anak-anak dari kampus ISI jurusan pedalangan untuk kembali menghidupkan pewayangan disetiap sekolah yang ada di Badung.

“Kami akan mendorong pemerintah juga untuk melakukan support terhadap pewayangan ini. Supaya anak-anak kita ini tidak hanya mengenal teknologi berbasis digital yang modern kontemporer tetapi anak-anak muda mengerti apa itu wayang, apa itu pewayangan dan ini bisa menjadi satu pengedukasian kepada anak-anak kita disekolah. Agar mereka tumbuh satu ideologi bahwa tradisi atau budaya itu masih diresapi lewat pewayangan,”kata Parwata.

BACA :  Kabinet Prabowo Didorong Wujudkan Tranformasi Kelembagaan Bidang Pangan, Energi hingga Iklim

Parwata berharap agar PEPADI Bali ini membuat acara rutin mengenai pewayangan yang digelar setiap 6 bulan di Puspem Badung.

“Jadi demikian yang bisa saya dorong semoga pewayangan ini bisa disosialisasikan terus di seluruh lapisan masyarakat dan sekolah-sekolah di Badung,”ujarnya.

Pihaknya mengakui dalam upaya melestarikan pewayangan itu akan memberikan bantuan berupa perlengkapan, alat, dan akan membantu setiap gelaran event yang
dibuat.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular