Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJembranaHarumkan Buleleng dan Bali, Pencak Silat Desa Les Meraih 14 Emas di...

Harumkan Buleleng dan Bali, Pencak Silat Desa Les Meraih 14 Emas di Wapres Cup 2022

BULELENG, balipuspanews.com– Semangat juang para atlet silat dari Bakti Negara Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali layak diapresiasi. Berangkat dengan 20 atlet dan 5 official mereka mampu meraih 14 medali emas, 2 medali perak, serta 2 medali perunggu di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wakil Presiden (Wapres) Cup 2022.

Kejurnas yang berlangsung dari tanggal 24 sampai 25 Desember 2022 itu digelar di GOR Padepokan TMII, Jakarta dan diikuti sekitar 3.600 orang peserta dari seluruh Indonesia. Para peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan dewasa/umum bertarung sekuat tenaga mereka untuk bisa merebut medali di ajang Wapres Cup 2022.

“Kita berangkat dengan 20 atlet dan 5 official untuk melawan peserta lain dari seluruh Indonesia, dan kami bangga sekali ternyata atlet-atlet mampu meraih 14 medali emas, 2 medali perak, dan 2 perunggu,” sebut Perbekel Desa Les Gede Adi Wistara saat dikonfirmasi, Senin (26/12/2022) melalui sambungan telepon.

Adapun nama-nama atlet peraih medali diantaranya untuk medali emas ditingkat SD ada Gede Roby Febo dan Gede Satria Gesha Wicaksana. Emas ditingkat SMP ada Luh Sandra Maharani, Luh Putu Dyah Sekar Jagat, Made Budi Arta Yadnyana, Gede Suta Tanaya, I Made Krisna Dwiatmika, Ketut Gusti Juli Artawan, Gede Taru Gunawan, Komang Cahaya Tri Pararta, dan Made Rendra Gunawan. Emas ditingkat SMA/SMK ada Ni Luh Luh Putri Kusuma Dewi, Ni Luh Seri Peri Artini, dan Made Ariawan Dana.

BACA :  Tingkatkan PAD dari Sektor Pariwisata, DPRD Bogor Kunjungi DPRD Badung

Untuk nama peraih medali perak ditingkat SD ada Kadek Weda Ariana serta Nyoman Yudiantara. Ditingkat SMP Putu Juni Antari dan Ketut Rebiani. Sedangkan untuk nama peraih medali perunggu dewasa/umum ada dua orang yakni Made Budiarta Putra serta Made Sumedang.

Dalam Kejurnas itu, Adi Wistara mengakui jika atlet Bakti Negara Desa Les harus kalah di Semifinal tepatnya di kategori Dewasa/Umum saat melawan perwakilan Jawa Barat yang dinilainya cukup tangguh. Meski begitu melalui ajang Kejurnas ini pihaknya tetap berharap mental para atlet lebih meningkat dan kedepan bisa mempersembahkan yang lebih baik lagi.

Prestasi Pencak Silat Desa Les ini, memang bukan yang pertama kali. Bangkit kembali sejak 2017 lalu dan resmi dikukuhkan tahun 2018 dengan total atlet sampai saat ini ada sekitar 50 orang mulai dari SD, SMP, SMA/SMK. Bakti Negara Desa Les sudah pernah mengharumkan Buleleng di tingkat Provinsi dalam ajang Kejurda Bali Open Competition 2022 yang berlangsung di GOR Lila Buana Denpasar dan berhasil keluar sebagai juara umum 2 kelas laga dengan raihan 18 emas, 3 perak, 2 perunggu.

BACA :  Soal Calon Bupati, DPD Golkar Karangasem Tunggu Keputusan Induk Partai

“Kita juga sudah pernah mengikuti beberapa kejuaraan yang berlangsung di provinsi maupun di kabupaten dan terbaru Kejurnas Wapres Cup 2022. Untuk di Porprov Bali kemarin atlet kita belum bisa berpartisipasi dikarenakan umur,” imbuhnya.

Kini melalui raihan prestasi yang didapat pihaknya berharap kedepan agar Pemerintah Kabupaten Buleleng lebih memperhatikan tidak hanya di Pencak Silat namun olahraga lainnya. Perhatian itu kata Wistara mungkin bisa dalam bentuk pengalokasian dana yang dilebihkan dari sebelumnya.

“Kita tentu sampaikan terimakasih pula kepada sejumlah pihak yang mendukung para atlet agar bisa ikut berlaga di Kejurnas Wapres Cup 2022. Harapan kami kedepan bagaimana agar olahraga tidak hanya Pencak Silat bisa lebih diperhatikan lagi utamanya menyangkut pengalokasian dana,” pungkas Adi Wistara.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular