Rabu, Mei 1, 2024
BerandaBulelengLomba Ogoh-ogoh Ditiadakan

Lomba Ogoh-ogoh Ditiadakan

BULELENG, balipuspanews.com – Kegiatan lomba ogoh-ogoh memperingati Nyepi tahun 2024 resmi ditiadakan. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng Nyoman Wisandika usai pihaknya meminta kejelasan dari Disbud Provinsi Bali.

Saat dikonfirmasi Kamis (11/1/2024) dirinya mengaku telah memastikan terkait apakah lomba ogoh-ogoh digelar atau tidak dalam menyambut pergantian tahun Caka 1946 ke Disbud Provinsi Bali. Alhasil jawabannya lomba ogoh-ogoh se-Bali untuk tahun sekarang tidak digelar.

“Sudah kami konfirmasi kesana (Disbud Provinsi) awalnya masih pernyataan tapi sekarang sudah pasti lomba ogoh-ogoh ditiadakan. Mudah-mudahan tahun 2025 bisa dilaksanakan lagi,” tegas dia.

Meski demikian Wisandika berharap tidak ada kekecewaan dari masyarakat, sebab hanya lomba semata yang ditiadakan dan untuk pembuatannya agar disesuaikan dengan wilayah desa masing-masing dan yang terpenting bisa berjalan aman serta tertib.

Disinggung terkait alasan lomba ogoh-ogoh ditiadakan tahun ini, Wisandika mengaku masih belum mengetahui apa yang menjadi pertimbangan jelas lomba ditiadakan. Akan tetapi pihaknya menyebutkan Disbud Provinsi pastinya punya pertimbangan jelas terkait semua itu.

BACA :  Dicukur Uzbekistan 0-2, Garuda Muda Gagal ke Final Piala Asia U-23

“Masalah anggaran atau apa, tidak ada penjelasan lebih jelas, mungkin anggaran,” singkat dia.

Pihaknya bahkan menyampaikan tidak akan membuat himbauan apapun, sebab sebuah ogoh-ogoh merupakan tradisi yang diadakan setiap menjelang Nyepi dan diarak keliling desa masing-masing.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular