Senin, Mei 13, 2024
BerandaBulelengMasih Ada Warga Bingung Kapan Vaksin Kedua, Ini Penjelasan Satgas

Masih Ada Warga Bingung Kapan Vaksin Kedua, Ini Penjelasan Satgas

BULELENG, balipuspanews.com – Jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan banyaknya jenis/merk vaksin yang beredar membuat beberapa warga kebingungan untuk kapan melaksanakan jadwal vaksinasi kedua harus dilaksanakan.

Guna mengatasi hal itu Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Buleleng terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak salah mengambil jadwal vaksinasi tahap kedua.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan menyampaikan dengan banyaknya merk vaksinasi masyarakat harus memperhatikan interval waktu yang ditentukan dari berbagai merk vaksinasi yaitu Sinovac memiliki interval waktu selama 28 hari, Sinopharm 21 hari, Astrazeneca 12 pekan, Moderna 28 hari, dan Pfizer-BioNTech 21 hari.

“Untuk itu, sebaiknya ketahui jenis vaksin merk apa yang diperoleh saat dosis 1, sehingga kita tidak kesulitan menentukan waktu yang tepat untuk vaksinasi dosis 2,” jelasnya saat menyampaikan rilis Covid-19, pada Sabtu (4/9/2021).

Pihaknya menambahkan jika terdapat kondisi khusus bagi masyarakat penerima vaksin dosis 1 yang terpapar Covid-19 sebelum menerima vaksin dosis 2, pihaknya mengungkapkan jika vaksin dosis kedua tetap dapat dilakukan 3 bulan setelah sembuh, tanpa mengulangi vaksin dosis pertama.

BACA :  Jeep Tour Wisata Baru di Desa Panji, Segini Tarifnya

“Masih bisa jika setelah vaksinasi dosis 1 pasien terpapar Covid-19, sebab batas waktu vaksinasi dosis 2 sampai 3 bulan,” imbuhnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang melewati interval waktu yang telah ditentukan untuk menerima vaksinasi dosis 2, Suwarmawan mengimbau agar datang sesegera mungkin ke tempat layanan vaksinasi Covid-19 terdekat untuk mendapatkan dosis kedua.

“Jadwal dan tempat kami informasikan setiap harinya, jadi tinggal datang saja pada fasilitas kesehatan atau penyelenggara vaksinasi terdekat,” terangnya.

Sementara terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng, Suwarmawan menyebutkan pada hari ini terdapat konfirmasi baru sebanyak 19 orang yaitu Kecamatan Banjar 4 orang, Kecamatan Buleleng 6 orang, Kecamatan Busungbiu 1 orang, Kecamatan Sawan 4 orang, Kecamatan Seririt 3 orang, dan Kecamatan Sukasada sebanyak 1 orang. Meninggal sebanyak 4 orang.

Selain itu, terdapat sembuh sebanyak 39 orang yaitu Kecamatan Banjar 5 orang, Kecamatan Buleleng 17 orang, Kecamatan Gerokgak 3 orang, Kecamatan Sawan 4 orang, Kecamatan Seririt 3 orang, dan Kecamatan Sukasada 7 orang.

Secara kumulatif kasus konfirmasi di Kabupaten Buleleng terdapat 10.089 orang dengan rincian sembuh 9.328 orang, meninggal 486 orang, dan sedang dalam perawatan 275 orang.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Buka Taksu Festival SMAN 2 Denpasar 2024

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular