Menjelang Hari Raya Galungan, Pasokan Babi di Klungkung Aman

Pasokan babi
Pasokan babi

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Jelang hari raya Galungan, TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah, red) Klungkung terus memantau fluktuasi harga bahan pokok, terutama pasokan babi.

Sekretaris TPID Klungkung, Tjokorda Istri Agung Wiradnyani menjelaskan, monitoring  dilaksanakan di beberapa sentra peternakan babi  yang ada di Wilayah Klungkung seperti di Batu Tabih, Desa Takmung, dan Dusun Bajing di Desa Tegak.

Temuan hasil monitoring jumlah populasi babi yang diternakkan diketahui menurun drastis, karena dampak dari wabah virus ASF yang menyerang ternak babi pada Bulan Februari. Lalu kemudian menyusul terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian lesu secara menyeluruh.

“Hingga saat ini peternak masih berpikir ulang untuk memulai usahanya,” ungkap Tjok Istri Agung Wiradnyani.

Dari beberapa peternakan yang dikunjungi, kapasitas kandang babi rata-rata antara 100 sampai 1.000 ekor. Namun saat ini hanya terisi kurang dari 50%, bahkan ada kandang yang kosong sama sekali. Demikian juga dengan babi indukan yang saat ini kosong.

“Biasanya babi indukan dipelihara antara 50 sampai 100 ekor, namun saat ini kosong,” ujar Tjok Istri Agung Wiradnyani.

Meski demikian, menurunnya jumlah populasi ternak babi di Klungkung diperkirakan tidak akan sampai  berdampak pada kekurangan pasokan dipasaran menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan