Senin, Mei 13, 2024
BerandaDenpasarMiliki Nilai Ekonomis, Minyak Jelantah di Denpasar Akan Dibeli Rp 5 ribu/kg

Miliki Nilai Ekonomis, Minyak Jelantah di Denpasar Akan Dibeli Rp 5 ribu/kg

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan, Sinar Bumi Menghijau siap membeli minyak goreng bekas pakai atau biasa disebut minyak jelantah milik masyarakat Kota Denpasar dengan harga Rp 5 ribu/kg.

Pemilik Sinar Bumi Menghijau, Rai Bagus Mahaputra mengatakan kini minyak jelantah memiliki nilai ekonomis karena dapat diolah menjadi bahan bakar biodiesel.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kerusakan lingkungan mengingat ibu-ibu sehabis memasak, minyak bekasnya dibuang begitu saja.

Dengan membeli minyak jelantah juga bisa mencegah penyalahgunaan oleh oknum tertentu.

“Namun kini masyarakat bisa menampungnya karena kami siap membelinya seharga Rp 5 ribu per kg untuk diolah menjadi bahan bakar biodiesel,” ungkap Bagus Mahaputra ketika audiensi dengan Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Wali Kota Denpasar, Selasa (18/5/2021).

Dirinya menuturkan minyak jelantah yang dibeli tersebut akan dikirim ke Kota Surabaya untuk diolah menjadi biodiesel, setelah itu akan diekspor ke Negara Eropa.

Dengan mengekspor ke luar negeri dapat meningkatkan nilai ekonomis minyak jelantah, mengingat harga jual bahan baku hampir sama dengan harga solar di Denpasar.

BACA :  Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMA Pertiwi Ambon, Nono Sampono Sampaikan Makna Harmoni dalam Keberagaman

Untuk itu pihaknya memohon bantuan Pemerintah Kota Denpasar untuk ikut serta mensosialisasikan kepada masyarakat dan industri penghasil minyak jelantah untuk mengumpulkan di setiap Desa/Kelurahan.

Setelah terkumpul pihaknya akan langsung membelinya. Selain itu pihaknya juga menyediakan tabungan untuk minyak jelantah serupa dengan bank sampah yang telah berjalan di Kota Denpasar.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi program ini. Menurutnya program ini sangat bagus dan bernilai ekonomis bagi masyarakat. Karena minyak bekas biasanya dibuang begitu saja namun dengan diolah kini bernilai ekonomis.

“Dengan ada yang membeli minyak bekas tersebut, kini masyarakat bisa mengumpulkan dan mendapatkan penghasilan tambahan,” ucap Arya Wibawa

Untuk mendukung kegiatan ini, Pemerintah Kota Denpasar akan mengajak masyarakat dan pelaku industri yang menghasilkan minyak jelantah untuk menjual ke Sinar Bumi Menghijau untuk diolah menjadi biodiesel.

Untuk mempermudah bisa dikumpulkan di setiap Banjar, Desa/Kelurahan di Kota Denpasar.

Penulis : Gde Candra

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular