Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng, Made Dwi Priyanti Koriawan. 

SINGARAJA, balipuspanews.com –Penerapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten Buleleng belum melelebihi 60 persen. Sejauh ini masih banyak perusahaan di Buleleng yang menerapkan upah di bawah UMK. Hal ini dipicu karena kemampuan pengupahan yang berbeda di setiap perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Koriawan mengungkapkan, saat ini besaran UMK di Bali Utara mencapai Rp 2,6 juta. Menurutnya, perusahaan yang menerapkan UMK tak lebih dari 200 perusahaan.

sewa motor matic murah dibali

Meski tak merinci satu persatu, namun Dwi Priyanti memberi sinyal jika perusahaan yang menerapkan pengupahan sesuai UMK itu bergerak di skala usaha menengah ke atas. Seperti jasa akomodasi wisata, hotel berbintang maupun sektor finansial seperti BPR.

“Belum sampai 60 persen. Tetapi ada perusahaan yang menengah ke atas bahkan sudah melebihi UMK. Mungkin karena secara finansial memang mampu (memenuhi UMK)” ujar Dwi Priyanti, belum lama ini.

Pihaknya pun menarget setidaknya 75 persen perusahaan di Buleleng menerapkan UMK bagi karyawannya. Untuk itu, di triwulan pertama dari bulan Januari-Maret, pihaknya masih memberikan kelonggaran bagi perusahaan untuk menerapkan UMK. Tetapi di triwulan kedua, terhitung April hingga Juni, Dwi Priyanti berencana akan turun ke lapangan untuk memberikan arahan kepada perusahaan.

“Memang yang belum menerapkan karena masuk usaha menengah ke bawah. Kita lihat lah seperti usaha keripik, kacang, atau hotel yang hanya memiliki beberapa kamar. Tentu belum bisa menerapkan pengupahan sesuai UMK,” bebernya.

Kendati demikian, Dwi Priyanti tetap berharap agar karyawan tidak dirumahkan meskipun kondisi perekonomian masih lesu. Sehingga hubungan karyawan dengan pengusaha tetap terjalin dengan baik.

“Buruh dan karyawan agar sama-sama paham lah. Tujuannya tentu untuk menghindari perselisihan, sehingga terjalin hubungan harmonis antara pemilik usaha dengan karyawan,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar...