Rabu, Mei 15, 2024
BerandaNewsEdukasiPeringati Hari UMKM Nasional, Menteri Bintang Resmikan Program Sispreneur 2021  

Peringati Hari UMKM Nasional, Menteri Bintang Resmikan Program Sispreneur 2021  

JAKARTA, balipuspanews.com – Dalam rangka memperingati Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meresmikan Program Sispreneur 2021 Kelas Inkubasi Manajemen Bisnis (Pendampingan) bagi 1.000 Pelaku Usaha Perempuan Indonesia.

Program ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dengan PT XL Axiata, Tbk yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kewirausahaan berperspektif gender dan memperluas akses pemasaran digital bagi pelaku usaha perempuan, guna memajukan usaha, meningkatkan perekonomian keluarga, hingga memberi kontribusi pada perekonomian nasional.

“Saya berharap pelatihan yang dilaksanakan pada 2021 ini, dapat menjawab berbagai tantangan yang masih dihadapi para perempuan wirausaha, khususnya dalam membuka akses pengetahuan terkait pemahaman perspektif gender, perencanaan bisnis, pemasaran dan branding, serta literasi keuangan dan akses pasar yang lebih luas melalui digital marketing, sehingga pada akhirnya dapat memajukan usaha, meningkatkan perekonomian keluarga, dan memberi kontribusi pada perekonomian nasional,” ungkap Menteri Bintang dalam acara Peresmian Program Sispreneur 2021 Kelas Inkubasi Manajemen Bisnis (Pendampingan) bagi 1.000 Pelaku Usaha Perempuan Indonesia yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (12/8).

BACA :  Ungkap Data dan Fakta, Senator Filep Sebut Papua Darurat Kesehatan

Menteri Bintang menuturkan pemulihan ekonomi nasional dapat diupayakan salah satunya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa. Dalam hal ini, kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship) perempuan sangatlah penting, mengingat pembukaan usaha baru dan perluasan usaha akan mendorong tersedianya lapangan kerja untuk menyerap angkatan kerja yang bertambah setiap tahunnya.

Berdasarkan data Perkembangan UMKM dan Besar di Indonesia pada tahun 2014-2018, dari seluruh jenis usaha di Indonesia, 99,99 persennya merupakan UMKM. Selain itu, data BPS pada tahun 2018, menunjukkan bahwa dari total UMKM, lebih dari 60 persennya (sekitar 37 juta) dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

“Namun sayangnya, potensi UMKM perempuan masih belum termaksimalkan. Masih banyak perempuan wirausaha yang menghadapi banyak tantangan dalam mengembangkan usahanya dibandingkan dengan laki-laki, mulai dari tantangan pada akses permodalan, akses pengetahuan, akses pasar, hingga dukungan baik dari negara maupun masyarakat,” jelas Menteri Bintang.

Untuk menangani berbagai tantangan ini, tentunya Kemen PPPA tidak dapat bekerja sendiri. Dibutuhkan sinergi yang kuat antar pilar-pilar pembangunan, baik dari sektor pemerintahan, dunia usaha, media, lembaga masyarakat, akademisi, tokoh masyarakat dan tokoh agama, bahkan seluruh rakyat Indonesia.

BACA :  Ungkap Data dan Fakta, Senator Filep Sebut Papua Darurat Kesehatan

“Mari kita himpun kekuatan dan tatap satu tujuan bersama, yaitu dunia yang setara bagi semua, dimana perempuan kuat, mandiri dan berdaya, serta anak-anak terlindungi untuk kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegas Menteri Bintang.

Lebih lanjut, Menteri Bintang mengungkapkan jika perempuan dilibatkan secara penuh, tidak hanya dalam mengimplementasikan program, melainkan juga menyebarluaskan ilmu maupun praktik baik yang mereka dapat dari berbagai program, maka dapat mewujudkan salah satu isu prioritas Kemen PPPA yaitu pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender.

“Untuk itu, saya mengajak para peserta Program Sispreneur 2021 untuk turut menyalurkan ilmu dan praktik baik yang sudah diterima, ke lebih banyak perempuan di daerah-daerah lainnya. Sehingga, peluang untuk memiliki akses pengetahuan dan akses untuk memasarkan produk ke pasar digital yang lebih luas bisa didapatkan semua perempuan. Jadilah agen perubahan di manapun kalian berada, mulai dari unit terkecil, keluarga, hingga lingkungan,” tutup Menteri Bintang.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular