Rabu, Mei 1, 2024
BerandaJembranaPrioritaskan 4 Program, Kecamatan Mendoyo Pasang Anggaran Rp 162 Miliar dalam Musrenbang

Prioritaskan 4 Program, Kecamatan Mendoyo Pasang Anggaran Rp 162 Miliar dalam Musrenbang

NEGARA, balipuspanews.com – Kecamatan Mendoyo, menjadi Kecamatan pertama menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Senin (25/01/2021), Bupati Jembrana, I Putu Artha membuka Musrenbang di Wantilan Desa Penyaringan.

Musrenbang dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, diawali dengan penyerahan sembako kepada warga terdampak Covid-19, diterima Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana.

Musrenbang tingkat Kecamatan pertamakali di Kabupaten Jembrana ini, turut dihadiri Pj. Sekda, I Nengah Ledang, Asisten Setda, pimpinan OPD, serta para Perbekel, Lurah, para Ketua BPD, dan para Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Mendoyo.

Dihadapan para peserta Musrenbang, Bupati Jembrana, I Putu Artha minta agar para Perbekel dan Lurah agar memastikan program yang diusulkan itu benar-benar menjadi skala prioritas.

“Dalam pembahasan saat Musrenbang kali ini, perlu saya ingatkan kepada para Perbekel, Lurah, dan BPD agar pastikan program sesuai skala prioritas khususnya kepada wilayah atau daerah-daerah yang rawan terhadap musibah bencana,” harap Bupati Artha.

Sambung Bupati Artha, sampai saat ini situasi belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan akibat wabah Covid-19. Hal ini tentu telah menimbulkan dampak negatif kepada berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, maupun psikologis masyarakat

BACA :  Sekelompok Anak Muda Mabuk Miras Dibubarkan Polisi

“Dampak paling nyata terkait dengan penyusunan rencana kerja dan penganggaran pembangunan adalah stagnasi bahkan penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) demikian juga dana tranfer dari pusat sangat terbatas. Oleh sebab itu, saya ingatkan kepada seluruh perangkat daerah agar nantinya menggunakan anggaran atau dana pembangunan itu seefisien mungkin serta merancang program atau kegiatan yang memang benar-benar prioritas,” tandasnya.

Sementara Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana dalam pemaparannya mengungkapkan, dari 4 (empat) bidang kegiatan yang menjadi ulasan dalam Musrenbang yakni, bidang infrastruktur perumahan dan LH, ekonomi, sosial budaya dan bidang Aparatur Pemerintah, Hukum dan HAM dengan total anggaran yang diusulkan sebesar Rp. 162 miliar lebih meliputi anggaran yang bersumber dari APBN, APBD I, dan APBD II.

“Bidang infrastruktur perumahan dan LH sebesar Rp. 126.998.543.820, bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan sebesar Rp. 8.270.000.000, bidang sosial budaya, pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan dengan dana Rp. 25.668.650.000 serta untuk bidang aparatur pemerintah, hukum dan HAM serta keamanan dan ketertiban dengan dana sebesar Rp. 1.677.805.743,00. Total dana yang menjadi usulan dalam Musrenbang Kecamatan Mendoyo sebesar Rp. 162.614.999.563,” tandasnya.

BACA :  Cegah DBD, Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging

Penulis : Anom Suardana

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular