Sabtu, Mei 11, 2024
BerandaBulelengRetribusi Destinasi Wisata di Buleleng Ditargetkan Naik Dua Kali Lipat

Retribusi Destinasi Wisata di Buleleng Ditargetkan Naik Dua Kali Lipat

BULELENG, balipuspanews.com – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi destinasi wisata di Kabupaten Buleleng ditargetkan naik sebesar dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Kenaikan target disusul dengan sejumlah kajian serta melihat telah bergeliatnya sektor pariwisata di Bali serta khususnya di Kabupaten Buleleng akan ada 15 kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang sepanjang 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara ditemui beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa target PAD dari retribusi destinasi wisata ditargetkan sebesar Rp 10 Miliar. Kenaikan tersebut hampir dua kali lipat lebih dari tahun sebelumnya yang ditarget sebesar Rp 4,5 Miliar.

Pihaknya juga menambahkan jumlah target tersebut sudah berdasarkan kajian serta berbagai strategi dalam upaya mendongkrak kunjungan wisatawan berupa intensifikasi melalui media promosi dan pembinaan pengelola Daya Tarik Wisata (DTW), dan melalui penjajakan destinasi baru sehingga dapat menambah sumber PAD.

Disamping itu, kata Dody tahun 2024 jumlah DTW bertambah menjadi 25 DTW dari tahun sebelumnya yang masuk Peraturan Daerah (Perda) hanya 10 DTW. Sehingga semua itu diharapkan harus berbanding lurus dengan pembenahan daripada tata kelola DTW seperti mendorong untuk berbadan hukum dan legalitas usaha, serta digitalisasi pemasaran.

BACA :  Taat Pajak, Unwar Beri Pendampingan Aspek Perpajakan BUMDes Panca Sedana Sari Desa Bunutin, Bangli

“Penyempurnaan pengelolaan DTW, diharapkan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah disekitar DTW dan pengelola DTW,” jelas dia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk calender of event yang menarik wisatawan saat ini masih terus digencarkan pihaknya bersinergi dengan komunitas, desa, ataupun pihak swasta dengan harapan mampu menarik wisatawan yang datang dan akan dapat menggeliatkan subsektor ekonomi kreatif ditempat yang dikunjungi wisatawan, bahkan tinggal di akomodasi sekitar event tersebut.

“Tidak kalah penting untuk mencapai target tahun ini yakni dukungan dari berbagai stakeholder dan pengembangan kualitas SDM pelaku pariwisata di Buleleng,” tandas Dody.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular