Kamis, Mei 2, 2024
BerandaBulelengSanggar Seni Santhi Budaya Kembali Tampil di Festival Seni Internasional

Sanggar Seni Santhi Budaya Kembali Tampil di Festival Seni Internasional

BULELENG, balipuspanews.com – Sanggar seni dibawah naungan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yaitu Sanggar Seni Santhi Budaya kembali berkesempatan tampil di festival seni internasional yang bertajuk “Pesta Gendang Nusantara” dan dilaksanakan di Malaysia.

Ketua Sanggar Seni Santhi Budaya I Gusti Ngurah Eka Prasetya menjelaskan Santhi Budaya merupakan wakil Bali satu-satunya di awal tahun 2024 dalam mengikuti festival seni internasional sebagaimana undangan yang akan dilaksanakan selama enam hari terhitung dari 2 hingga 7 Januari 2024 oleh Pemerintah di Raja Malaysia dan Unesco dengan mengajak 22 personil dengan 16 penari dan 6 official.

“Festival ini diikuti oleh 72 penampil baik lokal Malaysia gabungan seni Melayu Nusantara serta Asia dan Eropa jadi lawatan kesenian kami ini merupakan kegiatan non profit dan merupakan sebuah diplomasi perdamaian dunia dengan kancah seni budaya sebagai sarananya,” paparnya saat dikonfirmasi Minggu (7/1/2024).

Disinggung mengapa hanya hanya Santhi Budaya yang ikut, Ngurah Eka mengatakan bahwa hanya Santhi Budaya yang memiliki lisensi mengirim Duta Bali ke festival-festival Internasional dan juga bisa mengirim tim lain. Akan tetapi harus tetap berdasarkan rekomendasi daripada Santhi Budaya. Lisensi ini didapatkan dengan proses panjang selama 15 tahun.

BACA :  Ribuan Makanan Gratis Dibagikan Saat Hari Buruh di Buleleng

Selain itu tujuan dari program seni budaya ini lebih menitikberatkan pada pengenalan identitas seni budaya masing-masing untuk menjalin persahabatan serta promosi budaya Bali secara khusus dan Indonesia secara umum, sehingga dalam program ini peserta dari kecil merasakan sebagai duta daerah dan negara secara aktif menjadikan mereka memiliki rasa nasionalisme serta kebanggaan tersendiri.

“Kita berikan anak didik pengalaman secara langsung mengenal dunia Internasional budaya yang mana saat kehidupan sosial budaya yang selama ini yang mereka hanya bisa lihat dari gadget saja,” ujarnya.

Disamping itu pihaknya menyebutkan bahwa Sanggar Seni Santhi Budaya memang secara rutin setiap tahun memprogramkan lawatan seperti yang akan berlangsung dikarenakan berhubungan dengan anggaran waktu serta kualitas festival yang tentunya ini satu bentuk kegiatan yang penganggarannya secara swadaya jadi memang harus dipersiapkan dengan matang.

“Rencananya tahun ini ada lawatan ke Korea dan Eropa juga ya semoga berjalannya lancar,” harapnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular