Rabu, Mei 1, 2024
BerandaJembranaRSU Negara Buka Layanan Pengobatan Tradisional

RSU Negara Buka Layanan Pengobatan Tradisional

JEMBRANA, balipuspanews.com– Di ulang tahunya yang ke-88 RSU Negara kembali menambah layanan. Kali ini RSU plat merah itu mulai mengoprasikan klinik pengobatan tradisional.

Layanan baru itu diresmikan oleh  Bupati Jembrana, I Nengah Tamba tepat saat HUT RSU Negara, Kamis (15/12/2022) bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

“Klinik ini sudah resmi beroperasi bertepatan dengan HUT rumah sakit kami yang ke-88, “ujar Direktur RSU Negara dr Ni Putu Eka Indrawati.

Ada 4 layanan kesehatan dari Klinik Kesehatan Tradisional Integritas ini kata Indrawati, yakni Akupuntur, Akupresure, Hipnoterapi dan Wellness dengan 6 tenaga bersertifikat.
Kemudian ada fasilitas  yoga untuk ibu hamil serta yoga yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum.

“Juga disediakan ruang meditasi dan ada pojok jamu,”ungkapnya.

Pihaknya ingin memanfaatkan UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana, seperti ada black garlic dan ada loloh cemcem.

Untuk SDM dalam bidang akupuntur memang khusus lukusan D-IV Akupuntur dan ada perawat yang bertugas untuk akupresure, kemudian ada wellness.

“Jadi untuk kebugaran itu kami melayani SPA Baby itu juga dilayani oleh bidan yang berkompetensi,” jelasnya.

BACA :  Kuota Pengiriman Sapi Bali ke Jawa Diduga Habis, Karantina Bilang Tidak Tahu

Terkait dengan peningkatan layanan kedepan, RSU Negara menargetkan perbaikan layanan serta fasilitas. Diantaranya target pada kepuasan pasien, pelayanan meningkat dan peningkatan mutu rumah sakit, kepuasan pelanggan, komplin pasien berkurang, serta CT Scan.

“Kami sudah berproses mudah mudahan Desember ini tercapai karena kirimannya dari luar negeri, itu target kami kedepan,”jelasnya.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyambut baik adanya Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi.
Menurutnya itu sesuai dengan komitmen menjalankan Peraturan Gubernur Bali Nomor 55 Tahun 2019 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali.

Disamping melakukan pelayanan dengan menggunakan cara modern juga ada pelayanan tradisional sebagai alternatif.

“Kita mentaati dan menerjemahkan Pergub No 55 Tahun 2019 Provinsi Bali. Hari ini kita launching, melengkapi kelengkapan dari pada fungsi Rumah Sakit Umum Negara, jadi pelayanan alternatif ada pelayanan moderen juga ada, apa yang semestinya ada di rumah sakit itu hari ini sudah kita lengkapi,” ungkapnya.

Bupati Tamba juga menyampaikan akan berkolaborasi dengan pelayan usadha atau mereka yang memiliki keahlian dalam pengobatan tradisional Bali dari yayasan atau komunitas.

BACA :  Bekali Keterampilan untuk Kemandirian Ekonomi, Pemkot Denpasar Kembali Gelar Sekolah PKH Bagi 100 Orang KPM

“Kedepan ini kita coba kolaborasi dengan teman-teman yang sudah mampu menciptakan obat-obat herbal atau pelayanan usada,” ungkapnya.

Diusia ke-88, Bupati Tamba berharap dari pelayanan serta fasilitas RSU Negara yang sudah baik, kedepan tetap harus meningkatkan pelayanan kesehatan kearah yang lebih baik lagi kepada seluruh masyarakat  Jembrana.

“Kita lihat dari sisi pelayanan, fasilitas kita ini sudah baik, kita punya ruangan yang cukup bagus, bersih, dokter kita bagus dan perawat-perawat kita ramah-ramah saya rasa baik sekali. Namun harus terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular