Jamur alam bertumbuhan di Desa Pesaban
Jamur alam bertumbuhan di Desa Pesaban
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Peran subak sangat penting dalam pengelolaan pertanian, dalam pariwisata organisasi tradisional ini dalam mewujudkan wisata agrowisata karena bersentuhan langsung dengan para petani.
“Kelompok tradisional ini mesti kompak juga mendukung wisata desa adat berbasis agrowisata,” kata I Gusti Ayu Ari, salah satu narasumber dalam seminar desa wisata adat yang digagas oleh KKN UNUD bertempat di Balai Desa Pesaban.

Ia mengatakan Pesaban memiliki tanah yang subur dan sangat memungkinkan dikembangkan wisata agrowisata, untuk itu selain kelompok peran organisasi lainnya sangat dibutuhkan dalam pembangunan berbasih pertanian ini.

Pesaban sendiri, jelas Ayu lebih cocok untuk perkembangan bunga -bunga salah satunya bunga gumitir, jika bunga ini dikembangkan selain membantu masyarakat sebagai penopang mata pencaharian juga sebagai penunjang agrowisata.

“Jadi sangat penting eksploitasi agrowisata yang ada di desa Pesaban ini, apalagi sudah mewacanakan membangun desa wisata adat,” katanya.

Saat ini diakui begitu banyak agrowisata bermunculan di Kecamatan Rendang, salah satunya taman Edelwis, hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi perkembangan wisata di Kabupaten Karangasem. (art/bpn/tim)