Tembus 6,834 Trilyun, Ini Dia Program Koster- Ace 2019

Denpasar, balipuspanews.com – Secara menyeluruh guna menopang misi Nangun Sat Kethi Loka Bali Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) diback up anggaran dalam APBD Bali Tahun 2019 mencapai 6,834 Trilyun. Apa saja program dilaksanakan?

Dalam pidato tutup akhir tahun, Gubernur Bali, I Wayan Koster membeberkan penggunaan dana tersebut.

Adapun penggunaan anggaran itu adalah program bidang pangan, sandang dan papan, dengan pagu anggaran Rp 104 Milyar.

Kemudian program bidang kesehatan dengan pagu anggaran Rp 687 Milyar, atau sekitar 12.14 persen  dari total APBD, meliputi pertama menyelenggarakan program jaminan kesehatan menuju 95% Universal Health Coverage atau UHC dengan format Jaminan Kesehatan Nasional Krama Bali Sejahtera (JKN-KBS) bekerjasama dengan kabupaten/ kota se-Bali, dengan anggaran Rp 343,626 Milyar yang ditanggung provinsi sebesar Rp. 170,468 Milyar dan Kabupaten se-Bali sebesar Rp. 173,159 Milyar (di luar Denpasar dan Badung).

“Program ini memastikan bahwa 95 persen dari jumlah penduduk se-Bali akan mendapat Program jaminan Pelayanan Kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya,  kata Koster Pemerintah Provinsi akan mengeluarkan Peraturan Gubernur untuk memperbaiki pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS agar menjadi lebih sederhana, cepat, dan berkualitas.

Disamping itu akan dilaksanakan pembangunan Gedung unit pelayanan Kanker pada RS Bali Mandara.

Selanjutnya pembangunan Gedung Pusat Pengolahan Pasca Panen Tanaman Obat (P4TO) sebagai industri herbal di 5 Kabupaten (Kabupaten Bangli, Jembrana, Karangasem, Tabanan, dan Buleleng).

Program bidang pendidikan, dengan pagu anggaran Rp 1,9 Trilyun, atau sekitar 29,15% dari Total APBD, meliputi menyiapkan pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun, program pengembangan SMA dan SMK untuk mendukung wajar 12 tahun,menyiapkan pelaksanaan program Pendidikan PAUD/TK Berbasis Keagamaan dalam bentuk Pasraman di Desa Adat.

Menyusun konsep pengembangan SDM Bali unggul berbasis kearifan lokal.

Juga diberikan bantuan Beasiswa Pendidikan S1, S2, S3 bagi Mahasiswa Bali yang kuliah di Bali dan Luar Bali.

Selanjutnya program bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan, dengan pagu anggaran Rp 30,6 Milyar, meliputi, revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK), perlindungan dan sertifikasi tenaga kerja lokal Bali, akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Pengawasan tenaga kerja asing.

Program bidang adat, agama, tradisi, seni dan budaya, dengan pagu anggaran Rp 1,3 Trilyun, meliputi program bidang adat meliputi bantuan keuangan untuk 1.493 Desa Adat Rp 250 juta, dengan total anggaran Rp 373 Milyar.

Bantuan keuangan untuk 2.726 Subak dan Subak Abian Rp 50 juta, dengan total anggaran Rp 136 Milyar.

Juga akan dilaksanakan pendidikan dan pelatihan Majelis dan prajuru Desa adat/banjar, serta pecalang.

Program bidang pariwisata, dengan pagu anggaran Rp 7,3 Milyar meliputi menerapkan standarisasi dan sertifikasi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jasa pariwisata (hotel, restoran, travel, pramuwisata, souvenir, dan jasa penunjang pariwisata lainnya) dengan mengutamakan Local Genius.

Kemudian menyiapkan pelaksanaan program pembangunan Ball International Convention Centre.

Program bidang infrastruktur, dengan pagu anggaran Rp 540 Milyar, meliputi   pembebasan lahan jalan singkat (Shortcut) ruas Mengwitani-Singaraja (titik 1, 2, 7, 8, 9, dan 10), dengan anggaran Rp 200 Milyar.

Menyiapkan pelaksanaan Program perlindungan Kawasan Sad Besakih.

Program bidang teknologi informasi berupa penyediaan layanan teknologi informasi Wifi Gratis di 2.000 titik untuk semua (1.493) Desa Adat, Puskesmas, Obyek pariwisata, dan SMA/SMK se-Bali guna mendukung aktivitas generasi muda milenial Bali.

Program bidang transportasi dengan memberikan pelayanan gratis bagi pelajar dan mahasiswa pengguna Angkutan Trans Sarbagita Koridor I (GOR Ngurah Rai menuju GWK PP) dan Koridor ll (Tohpati menuju Nusa Dua PP) yang akan berlaku mulai langgal 2 Januari 2018. (art/bpn/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here